Tanya Dokter

  • Timbul jerawat setelah mengganti metode KB

  •  santiroma
    Anggota

    Dok, saya santi berusia 29 tahun. 2 tahun lalu setelah melahirkan saya menggunakan pil kb dan baru sebulan lalu saya berganti ke kb suntik yang 1 bulan, namun wajah saya timbul jerawat. Apabila ingin kembali menggunakan pil kb bagaimana prosedurnya Dok? Apakah pil kb bisa dikonsumsi setelah selesai haid atau tidak? Mohon penjelasannya, Terima kasih.

    Halo,   Anda bisa menggunakan pil KB (berganti dari suntik KB ke pil) saat hari ketiga / keempat menstruasi Anda.  Jika Anda tidak mendapatkan menstruasi padahal sudah waktu jadwal penyuntikan maka Anda bisa langsung meminum pil KB saat hari pertama jadwal penyuntikan. Pil KB tersedia dalam 2 bentuk yaitu pil KB 21 pil dan 28 pil. Jika Anda menggunakan pil KB 28 pil maka Anda sebaiknya memulai dengan pil yang berwarna sama sebanyak 21 pil. Baca topik Cara minum pil KB dan pindah KB dari suntik ke pil. Semoga membantu.   dr. Yusi