Tanya Dokter

  • Metode pemeriksaan hiv

  •  Kinanjiy
    Anggota
    Siang dok, saya melakukan test hiv di klinik vct sebuah rsud dijawa tengah setelah 39 hr melakukan perbuatan beresiko dan hasilnya negatif. Waktu itu sampel darah diambil melalui suntikan dan dibawa ke laboratorium, 1 jam kemudian keluar hasilnya. Pertanyaannya 1. Kira2 rmh sakit tersebut menggunakan metode apa untuk test hiv ini 2. Apakah combo test atau hanya antibodi saja 3. Kira2 brp persen keakurasian test setelah 39 hr Terima kasih sebelumnya

    Halo Kinanjiy.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pemeriksaan HIV ada beberapa metode, akan tetapi yang tersedia luas di Indonesia adalah dengan cara elisa dan rapid test. Kedua metode tersebut sama sama memeriksa antibodi terhadap HIV yang dihasilkan oleh tubuh jika terinveksi HIV.

    Keakuratan dari tes antibodi HIV mencapai 99 persen. Pemeriksaan sendiri dianjurkan dilakukan paling cepat empat minggu atau satu bulan setelah perilaku berisiko ataupun paparan terakhir.

    Akan tetapi sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan ulang 3 bulan setelah perilaku berisiko terakhir. Jika pemeriksaan HIV 3 bulan setelah perilaku berisiko terakhir hasilnya non reaktif, maka Anda dianggap tidak terinveksi HIV.

    Kesimpulannya yang paling terpenting adalah tes 3 bulan setelah paparan, karena hal tersebut dapat menentukan apakah Anda terinfeksi atau tidak, tes pada bulan pertama dilakukan karena pada waktu tersebut sudah mungkin dapat terdeteksi, tetapi jika non reaktif maka wajib diulang pada bulan ketiga setelah paparan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda.

    TES HIV

    Demikian peNjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati