Tanya Dokter

  • Penyebab nafsu makan berkurang, sakit kepala, dan susah tidur

  •  sriiiadi
    Anggota
    dok akhir2 ini nafsu makan saya brkurang, kpalaa sriing sakit, susah tidur, kdang sehari full gk tdur, stiap hari saya ngerasa gelisah, suka melamun juga. kdang ngerasa ktakutan smpek detak jantung itu gk braturan rasanyaa. kira2 kenapa ya dok?

    Halo sriiiadi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini kemungkinan mengarah ke yang dalam dunia medis disebut sebagai gangguan kecemasan, dimana hal ini merupakan keadaan psikologis ketika seseorang mengalami rasa cemas / gelisah / takut secara berlebihan dan konstan serta sulit untuk dikendalikan, sehingga berdampak buruk terhadap kehidupan sehari-hari.

    Berikut ini beberapa gejala yang dapat timbul jika seseorang menderita gangguan kecemasan, diantaranya adalah : berkurangnya rasa percaya diri, sulit tidur, menjadi mudah marah, badan gemeter, stress, jantung berdebar, sulit berkonsentrasi, sesak napas, lelah, menjadi penyendiri, sakit perut atau kepala, pusing, kesemutan, mulut terasa kering.

    Jika memang suatu gangguan kecemasan, sebenarnya penanganannya cukup sederhana, Anda tinggal melakukan pola hidup sehat, seperti : kelola stress psikologis, selalu berpikiran positif, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, stop merokok dan jangan minum minuman keras.

    Jika setelah Anda melakukan pola hidup sehat, gangguan kecemasan masih saja terjadi dan sudah sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati