Tanya Dokter

  • migrain dan leher kaku

  •  oviie
    Anggota

    hallo dok saya ovie usia 20 thn saya punya keluhan sakit kepala sebelah kanan.. sakitnya tiba-tiba tpi ga lama skitar 30 mnit kmudian hilang bgtu saja. dan leher trasa kaku apakah sakit ini berbahaya dok.

    Hai, Sakit kepala adalah salah satu keluhan yang paling sering dijumpai pada setiap individu. Sakit kepala memiliki berbagai macam tipe dan penyebab, dan gejalanya hampir mirip satu dengan yang lainnya. Keluhan nyeri kepala sebelah sering dijumpai pada penderita sakit kepala dengan jenis berikut :

    1. Migrain - penderita migrain biasanya mengeluhkan nyeri kepala hebat di bagian depan atau satu sisi kepala. Sakit kepala biasanya berbentuk rasa denyutan kuat. Gejala seringkali disertai dengan rasa mual dan muntah, dan dapat disertai dengan gejala aural seperti sensitif terhadap cahaya. Untuk membaca lebih lengkap mengenai migraine Anda dapat klik disini.
    2. Sakit kepala cluster - pada jenis sakit kepala ini, nyeri biasanya dikeluhkan sangat hebat jika dibandingkan dengan sakit kepala lainnya. Rasa sakit terasa di satu sisi kepala dan seringkali disertai dengan rasa sakit pada sekitar satu mata. Sakit kepala biasa dirasakan hilang timbul 1-3 kali dalam sehari dan hilang timbul terus menerus selama berminggu-minggu sebelum akhirnya reda.
    Untuk pemeriksaan fisik secara langsung Anda sebaiknya segera menemui dokter, terutama apabila Anda merasakan gejala-gejala berikut :
    1. Sakit kepala yang sangat parah, terjadi tiba-tiba dan belum pernah Anda rasakan sebelumya
    2. Lemah / lumpuh pada satu sisi tubuh atau wajah
    3. Berbicara sulit dimengerti
    4. Disertai dengan adanya demam, kaku leher, kejang
    Anda sebaiknya memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai dengan kondisi yang mendasari keadaan Anda. Sementara itu Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk membantu mencegah dan meringankan gejala yang Anda rasakan :
    1. Mencatat pemicu terjadinya sakit kepala dan menhindarinya
    2. Tidur dengan pola teratur
    3. Makan dan minum yang cukup
    4. Hindari konsumsi alkohol
    5. Jangan beraktivitas terlalu lama dibawah terik matahari
    6. Konsumsi vitamin dan suplemen
    7. Konsumsi obat penghilang rasa nyeri yang dijual bebas di apotik / konter obat, seperti parasetamol dan ibuprofen
      Semoaga membantu, Dian Paramitasari, dr.