Tanya Dokter

  • Penyebab jantung berdebar dan migrain

  •  Rossie23
    Anggota
    Salam kenal dok! Saya Rossie. Wanita umur 25 tahun.saya ingin bertanya seputar keluhan saya. 1. Kadang saya suka sakit kepala sebelah(migrain?), Sebulan atau 2 bulan sekali. Bisa berlangsung selama 1 atau 2 hari. Sakit kepala sebelah di sertai tekanan d mata. Terkadang sakit kepala datang bila sedang sibuk or banyak pikiran. Kadang memang sakit datang tanpa sebab. 2.Suka ga bisa tidur. 3. Terkadang jantung berdebar kencang. Khususnya saat bangun dengan cepat dr ranjang dan kembali tidur lagi. Atau saat2 tertentu. 4. Terkadang(jarang banget sih) penglihatan tiba2 berputar, tapi hnya bberapa detik. Setelah itu kmbali normal. Kenapa ya? Saya pernah baca artikel, penyebab jantung berdebar dan migrain adalah kurangnya magnesium di dalam tubuh. Apakah itu benar? Bila benar, bagaimana memilih suplement magnesium yang tepat? Amankah mengkomsumsi obat tidur yg di jual bebas? Terimakasih banyak atas informasinya, dok!

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Migraine atau sakit kepala sebelah merupakan salah satu jenis sakit kepala primer yang sering muncul pada usia remaja dan dewasa muda. Sakit kepala inin dirasa seringnya pada satu sisi kepala, berdenyut atau seperti terikat, disertai dengan pandangan kabur, mual, dan muntah. Jika tidak diobati biasanya migraine bisa bertahan hingga 4-72 jam. Kondisi yang Anda alami memang dapat disebabkan oleh migraine. Namun, kondisi lain juga dapat mengakibatkan sakit kepala seperti : 

    1. Sakit Kepala Terikat (Tension Type Headache)

    2. Cluster Headache

    3. Sakit kepala akibat gangguan penglihatan, infeksi rongga mulut, atau infeksi pada telinga

    4. Rhinosinusitis

    Beberapa pencetus dari terjadinya migraine salah satunya dapat diakibatkan oleh berkurangnya kadar magnesium dalam darah. Namun, beberapa kondisi juga dapat mencetuskan migraine, antara lain : 

    1. Makanan yang tinggi garam

    2. Telat makan

    3. Perubahan hormonal pada wanita

    4. Konsumsi alkohol atau kopi

    5. Adanya stres yang berlebihan

    6. Kurang tidur atau tidur terlalu banyak

    7. Aktivitas fisik yang berlebihan

    Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebab dari kondisi Anda dan untuk mengetahui kira-kira pencetus munculnya serangan sakit kepala yang Anda rasakan. Anda juga sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat mencetuskan migraine seperti yang telah disebutkan di atas. 

    Semoga membantu

    Salam, dr.Angga