Tanya Dokter

  • Penyebab sakit kepala sebelah kanan

  • Dok saya mau tanya,saya sering merasakan saki kepala sebelah kanan,mata terasa sakit,rahang keram,urat leher terasa tegang,dan telinga saya jika saya tekan saya merasakan sakit.kira-kira itu kenapa ya???

    Halo Vivi.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada kepala sebelah kanan, memang paling disebabkan oleh karena yang dalam bahasa medis disebut sebagai migrain.

    Migrain selain menimbulkan rasa sakit pada sebelah kepala, juga dapat disertai dengan mual, muntah, dan penglihatan yang kabur. Rasa sakit yang dirasakan pada migrain dapat berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau lebih.

    Sampai saat ini migrian belum diketahui pasti penyebabnya, akan tetapi para ahli menduga bahwa migrain terjadi akibat gangguan aktivitas otak yang akhirnya mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah di otak. Migrain dipicu oleh hormon, makanan, cahaya, alkohol, stres psikologis, bau - bauan, suara, dan lain sebagainya.

    Akan tetapi selain oleh karena migrain, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : sakit kepala tegang, sakit kepala klaster, tumor otak, gangguan kesiapan pada gigi, infeksi pada telinga, tekanan darah tinggi, gangguan kesehatan pada jantung, dehidrasi, pengkonsumsian obat obatan pereda rasa sakit yang berlebihan.

    Pastikanlah Anda melakukan pola hidup sehat agar kondisi yang Anda alami tidak mengalami kekambuhan, seperti : kelola stress psikologis, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, stop merokok dan jangan minum minuman keras, dan yang paling terpenting adalah menghindari semua hal yang Anda ketahui dapat memicu kondisi sakit kepala jenis ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT KEPALA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati