Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang telinga kiri menyebabkan migrain

  •  nurul aprilia
    Anggota

    dok, saya ada benjolan di belakang telinga kiri saya dan itu menyebabkan saya migran terus-terusan. saya sudah berobat ke poli THT katanya kelenjar getah bening dan tidak berbahaya. terkadang migrannya muncul, kadang tidak. menurut dokter saran apa yg tepat utk penyakit saya ini ? harus di operasi kah ?

    Halo nurul.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada migrain yang Anda alami dimana penyebabnya kemungkinan kecil oleh karena pembengkakan kelenjar getah bening, maka migrain sendiri merupakan rasa nyeri pada kepala yang biasanya dirasakan pada sebelah kepala dimana dapat terasa berdenyut.

    Gejala - gejala yang dapat menyertai migrain selain dari sakit kepala sebelah yang berdenyut, diantaranya adalah : mual --- muntah, kurang konsentrasi, merasa sangat kedinginan atau kepanasan, sensitif terhadap cahaya dan suara, dll.

    Pemicu penyebab dari munculnya migrain sendiri sangatlah beragam diantaranya adalah : hormonal ( misal : menstruasi, kehamilan, menopause ), obesitas, keturunan, perubahan sementara zat kimia pada otak, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, stress psikologis, kelelahan, dll.

    Jika kondisi ini sangat sering muncul atau bersifat kambuh - kambuhan, maka kami menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Neurologi / Saraf agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, CT Scan kepala, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya migrain Anda diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MIGRAIN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    salam,

    Dr. jati