Tanya Dokter

  • Penyebab benjol pada leher yang hilang timbul

  • Dok.saya mau tanya di tubuh saya sama di bagian leher sayasering tumbuh bentolan2 kecil sakit.tpi ngak lama hilang baru muncul lagi.pasti muncul sekalia sebulan .bentolan nya agak keras Itu knapa yah dok?

    Haii Rini,

    Ada beragam penyakit pada kulit yang bermanifestasi sebagai benjolan. Berikut ini beberapa benjolan di kulit yang umumnya dirasakan nyeri antara lain:

    • Bisul : peradangan pada folikel rambut yang menimbulkan benjolan kemerahan berisi nanah, terasa nyeri
    • Jerawat : terdapat tipe jerawat berupa nodul yakni berupa benjolan yang keras, nyeri dan bila ditekan, terasa benjolan tersebut berlokasi agak dalam
    • Abses : kantong berisi nanah, terasa nyeri, hangat pada perabaan, dan umumnya agak lembek
    • Herpes : benjolan berupa kantong berair yang disebabkan oleh virus 

    Ada banyak lagi benjolan lain yang dapat dirasakan nyeri, maka dari itu untuk mempertegas kondisi apa yang sebenarnya Anda alami, tentu diperlukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Dokter akan mengevaluasi karakteristik dari benjolan tersebut dan faktor risiko apa yang kemungkinan mendukung terjadinya kondisi tersebut.

    Area leher sendiri tergolong area yang banyak berkeringat, sangat memungkinkan terjadinya infeksi bila hygiene pribadi kurang baik. Saran kami, coba rawat area leher dengan baik, usahakan tetap bersih dan kering. Hindari penggunaan produk di sekitar leher yang mungkin memicu iritasi kulit pada area leher.

    Semoga membantu

    Terima kasih