Tanya Dokter

  • Solusi atasi milia

  •  ovelina
    Anggota
    dok, saya mau tanya. umur saya 21th, saya punya bintik2 putih kecil kayak lemak warna bening gitu di bagian kelopak mata sama di bawah mata saya. bagian kelopak mata itu agak banyak jumlahnya dan dibawah mata sekitar 3-4 milia. saya sudah coba cara seperti eksfoliating, pake sunscreen, menghindari cahaya matahari. tapi udh beberapa bulan ga kunjung hilang dok. itu gmn ya dok cara mengatasi milia nya? makasi dokter:)

    Halo Ovelina, 

    Milia terbentuk akibat jaringan keratin yang terperangkap dalam kelenjar pilosebasea/kelenjar minyak pada kulit. Biasanya tumbuh saat baru lahir, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa.  

    Jika memang yang Anda alami adalah milia, maka tidak memerlukan penanganan khusus. Biasanya akan menghilang beberapa bulan. Tetapi sebagian milia bersifat permanen, dan jika ingin menghilangkannya diperlukan tindakan medis oleh dokter spesialis kulit, yaitu dengan dermabrasi, mengeluarkan isinya dengan jarum steril (tidak boleh dilakukan sendiri). Peeling dan cryotherapy mungkin dapat membantu.

    Bintik putih pada kelopak mata mata juga bisa disebabkan karena xanthelasma, hordeolum/bintitan, infeksi atau kelainan kulit lain. Saat ini langkah yang tepat adalah memeriksakan diri ke dokter jika memang milia tersebut mengganggu penampilan dan Anda ingin menghilangkannya. Dokter akan menentukan prosedur pengobatan yang tepat sesuai dengan keadaan Anda.

    Baca selengkapnya pada artikel: Milia

    Salam, 

    dr. Mega