Tanya Dokter

  • Mengatasi mimisan yang sudah 3 kali dalam seminggu

  • Selamat malam dok, saya ingin bertanya. Orang tua saya sering mimisan sejak 1 bulan yang lalu. Dalam seminggu ini sudah 3 kali mimisan. Tetapi mimisannya ketika sedang posisi menungging, darah yang keluar sedikit dan cair. Apakah itu berbahaya dok? Terimakasih dok.

    Halo Sintiya......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh orang tua Anda dengan keluhan utama berupa mimisan atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai epistaksis, sebenarnya merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak mengancam jiwa.

    Mimisan sendiri merupakan pendarahan yang terjadi dari hidug, dimana darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung. Ada yang mengalaminya selama beberapa detik, dan ada yang lebih dari 10 menit.

    Terdapat beberapa kelompok orang yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami mimisan, yaitu : anak anak berusia dua tahun hingga 10 tahun, orang Lanjut usia, ibu hamil, orang yang sering mengonsumsi obat pelancar darah seperti aspirin obat antikoagulan, orang yang mengidap kelainan darah seperti hemofilia.

    Sebenarnya berbahaya tidaknya mimisan yang dialami oleh orang tua Anda, harusnya diketahui dalam bidang penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu, kami menyarankan segeralah membawa orang tua Anda menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga hidung tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, endoskopi THT, tes darah, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    EPISTAKSIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati