Tanya Dokter

  • mimisan setelah gegar otak akibat kecelakaan

  • Dok.. istri saya berusia 21 tahun.. gak sering sih dok.. ada beberapa kali saya lihat dia mimisan 1thn terahir kurang lebih ada 6kali.. 10 bln yg lalu dia ada gagar otak gara" kecelakaan.. dia skrg bkerja d LN pun 4 bln terahir ada 3x mimisan tp tdk keluar bnyak darah.. apa mungkin kecapean apa gmn ya dok?? Tp dia swaktu kcil bilang kerap kali mimisan apalagi sehabis demam itu pasti mimisan keluar bnyak darah dok??

    Halo,   Mimisan ( epistaxis ) terjadi saat pembuluh darah hidung pecah dan mengeluarkan darah melalui lubang hidung. Pada mimisan sumber perdarahan bisa berasal dari :

    1. pembuluh darah permukaan bagian depan ( anterior superfisial) akibat iritasi atau pengaruh cuaca dan karena pembuluh darah tipis dan lemah biasanya mengeluarkan darah sedikit dengan aliran tidak terlalu kencang.
    2. Plexus kiesselbach ( posterior ) yang berada di bagian dalam lubang hidung bisa terjadi akibat trauma berat atau pun iritasi dan biasanya mengeluarkan darah sedikit lebih banyak dan deras.
    Penyebab tersering dari mimisan anterior adalah trauma ringan seperti mengorek hidung, buang ingus terlalu kuat, perubahan cuaca dingin, bersin kuat, cuaca terlalu panas dll. Untuk mengatasi mimisan  Anda bisa melakukan :
    1. Hindari mengorek hidung dengan alat ataupun tangan
    2. Jaga kelembaban rongga hidung jika pergi ke LN dengan perubahan suhu yang ekstrem.
    3. Hindari melakukan aktivitas pada rongga hidung seperti membuang ingus terlalu kuat.
    4. Hindari rokok.
    5. Perhatikan baik baik obat yang dikonsumsi, pereda nyeri seperti aspirin yang cukup dijual bebas di LN bisa memicu mimisan.
    6. Tekan hidung bagian atas sambil tetap duduk tegak saat mimisan terjadi.
    7. Hindari menengadahkan kepala yang bisa menyebabkan perdarahan masuk ke tenggorokan.
    8. Kompres dingin pada hidung bagian atas jika mimisan terjadi.
    Baca topik Mimisan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi