Tanya Dokter

  • Mimisan dan Batuk Darah

  •  anonymous
    Anggota

    Selamat malam,

    Saya punya teman lelaki berumur 16 tahun, dia aktif berolahraga. Namun hari ini sudah mimisan tiga kali dan batuk darah satu kali. Darahnya cair dan berwarna gelap. Dadanya sakit, perut perih, dan kepalanya sakit.

    Apa ia mengalami gejala suatu penyakit? Mohon bantuan dan balasannya, terima kasih.

    anonymous  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hai Cintya Saya sarankan untuk memeriksakan diri segera ke dokter yah. Pendarahan dalam perlu di diagnosis jika memang benar itu yang terjadi. Tanpa pemeriksaan fisik dan beberapa tes dari dokter tidak mungkin untuk mengetahui penyebab gejala-gejala yang teman kamu alami itu. Yang jelas sebaiknya jangan dibiarkan karena pendarahan bisa bertambah parah jika memang benar itu yang sedang terjadi. Selain itu, perlu juga dicari tahu mengapa pendarahan terjadi dan ditangani dengan sesuai. Dr Liyadi

    anonymous  Dr. Liyadi
    Anggota

    Darah bisa berasal dari sistem pernapasan atau dari sistem pencernaan. Darah yang keluar dari sistem pernapasan bisa disebabkan oleh batuk-batuk parah yang berkelanjutan, infeksi paru-paru, penyakit bronkiektasis, infeksi TB, dan kanker. Sedangkan darah yang keluar dari sistem pencernaan bisa disebabkan oleh sakit maag, tukak lambung, radang lambung, gastroenteritis atau infeksi saluran pencernaan dan hepatitis kronis.

    Jika mimisan atau pendarahan yang berasal dari hidung, hal-hal berikut bisa dilakukan untuk menguranginya:

    1 duduk tegap dengan mencondongkan badan ke depan dan mendongakkan kepala

    2 tutup kedua lubang hidung dengan jari selama 10 menit; bernafaslah dari mulut

     

    Selain itu, cobalah untuk tidak bersin atau mengeluarkan ingus dengan kuat agar hidung tidak makin teriritasi, setidaknya untuk 24 jam ke depan setelah pendarahan berhenti.

    Untuk mencegah terjadinya mimisan, seseorang sebaiknya:

    membersihkan hidung secara perlahan-lahan

    tidak memasukkan benda-benda asing ke dalam hidung

    menggunakan spray untuk hidung untuk menjaga kelembapannya

    berhenti merokok karena merokok dapat mengiritasi dan membuat hidung menjadi kering.

    Penting untuk memeriksa dan menangani penyebab terjadinya pendarahan karena pendarahan yang berlanjut bisa menyebabkan anemia dan bahkan tekanan darah yang rendah atau tubuh kehilangan terlalu banyak darah.

     

    Dr Liyadi