Tanya Dokter

  • mimisan yang berlebihan

  •  Mariati Tan
    Anggota

    Dok saya mau tanya, dlu saya sering sekali mengalami sakit kepala dan tiap saya sakit kepala saya selalu minum obat dan hampir stiap hari saya mengalami sakit kepala. Dan sekitar 1 bln yg lalu saya sakit kepala pada malam hari dan saya mnum obat seperti biasanya, lalu paginya begitu saya bangun saya mengalami mimisan dan darah yg kluar bnyak sekali dan selama krg lebih 10 menit baru berhenti. Lalu sorenya lagi saya mengalami mimisan lagi dengan darah yg kluar jauh lebih banyak kalau kata keluarga itu panas dalam saya di suruh mnum teh kembang dan banyak konsumsi buah serta mnum air putih dan smua sudah saya lakukan. Tapi sejak hari itu, sudah hampir 8 kali saya mengalami mimisan dengan darah yg kluar bnyk sekali dan tadi malam saya juga mimisan lagi tpi anehnya selain darah cair ad juga darah yg berupa gumpalan keluar, gumpalan darah itu kecil" tpi lumayan banyak. Yang mau saya tanyakan apakah itu berbahaya atau tidak dok, dan saya harus periksa ke dokter THT atau ke dokter ahli bedah saraf ya dok?

    Terima kasih sebelumnya saya harap dokter mau jawab pertanyaan saya.

    Halo, Mimisan (epistaksis) dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah dalam rongga hidung. Pembuluh darah hidung merupakan pembuluh darah yang rapuh dan mudah pecah, sehingga mimisan mudah terjadi. Jika mimisan terjadi sesekali mungkin saja bukan hal yang serius, tetapi jika sering terjadi bisa saja terdapat penyebab yang lebih serius. Mimisan dengan riwayat sakit kepala mempunyai penyebab yang bervariasi dari ringan sampai ke berat. Penyebab mimisan dengan riwayat sakit kepala dapat terjadi karena:

    Pertama-tama, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter THT (jika Anda tidak ada riwayat trauma kepala/ kepala terbentur sebelumnya). Dokter akan melakukan pemeriksaan darah, endoskopi hidung dan foto rontgen/CT scan jika diperlukan. Hasil pemeriksaan dokter THT menentukan apakah Anda memerlukan konsultasi ke dokter saraf/ dokter lainnya atau tidak. Penanganan mimisan:
    • Dengan posisi duduk, Anda dapat memencet hidung selama 10 menit dengan kedua tangan dan pastikan kedua lubang hidung tertutup , sambil bernafas lewat mulut
    • Jangan berbaring saat mencoba menghentikan mimisan, karena berbaring akan menyebabkan darah tertelan dan dapat mengiritasi lambung
    • Kompres dingin hidung untuk membantu menghentikan perdarahan
    • Menghindari mengorek-ngorek hidung
    • Tidak konsumsi aspirin
    Diskusi ini dapat dibaca. Artikel berikut ini mungkin  berguna: Mimisan Semoga membantu ya, dr.Miranti Iskandar