Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi mimpi buruk

  • Halo dok apakah mimpi buruk dewasa juga bisa disebabkan selain faktor faktor yang anda sebutkan seperti kenangan orang yang berharga atau ingatan orang yang berharga? Apakah yang menyebabkan mimpi tersebut? Bukan cerita bahagia bersama orang tersebut akan tetapi cerita menyeramkan, atau itukah yang disebut trauma? Bagaimana cara mengatasinya?

    Maulana yang baik,

    banyak orang mengistilahkan mimpi sebagai bunga tidur. Hal ini pada dasarnya berkonsep pada mekanisme yang mendasari mimpi tersebut, bahwa ada perasaan alam bawah sadar yang tidak sempat diungkapkan, biasanya muncul di mimpi. Misalnya saja tentara yang mengalami perang bertahun-tahun. Ketika berperang, mungkin saja mereka harus menyimpan rasa takut, kengerian, dan ketegangan, hal ini berdampak pada munculnya gambaran tersebut pada mimpi mereka. Demikian pula halnya dengan mereka yang mengalami trauma berat secara psikologis, hal ini biasanya akan kembali dimunculkan dalam mimpi seseorang.

    Mimpi buruk biasanya timbul sesekali dalam hidup oleh karena bervariasinya kondisi yang dirasakan seseorang. Pada suatu momen mengalami hal yang membahagiakan, pada suatu momen mengalami hal yang menyeramkan. Namun demikian, ketika mimpi buruk itu secara konsisten terus menerus muncul, hingga mengganggu kualitas hidup seseorang, maka penting untuk dievaluasi apakah yang menyebabkan hal tersebut dan bagaimana mengatasinya. Kami juga menyarankan Anda yang rentan mengalami mimpi buruk, untuk menghindari, tontonan atau bacaan yang mungkin dapat mengguncang psikis Anda. Lebih jauh mengenai masalah ini dapat Anda konsultasikan dengan psikiater. Berikut kami lampirkan artikel mengenai mimpi buruk. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief