Tanya Dokter

  • Efek samping berhenti menggunakan minoxidil 5%

  •  Boy Aquila
    Anggota

    salam dok, saya mau tanya apakah setelah penggunaan minoxidil 5%pd rambut di hentikan, akan menimbuklan efek kerontokan yang berlebihan dr awal sebelum pemakaian ? terimakasih dok.

    Halo,   Minoxidil merupakan obat yang merawat kerontokan rambut yang diakibatkan oleh karena genetik dan perubahan hormonal pada seseorang. Sehingga penggunaannya memang dilakuakn secara jangka panjang untuk menjaga rambut yang sudah tumbuh tidak kembali rontok akibat faktor dari dalam tubuh pasien itu sendiri. Penghentian minoxidil akan membuat rambut yang telah tumbuh akan kembali rontok setelah beberapa lama(2-3 bulan), namun tidak akan lebih parah dari sebelumnya. Kerontokan rambut paska penghentian minoxidil diakibatkan karena faktor penyebab kerontokan pada penderita tersebut bukan karena penghentian minoxidil. Adapun faktor penyebab kerontokan antara lain adalah :

    1. Asupan gizi yang jelek terutama protein, zinc, omega 3 pada orang yang menjalankan diet ketat.
    2. Hormonal = sensitif terhadap Dehidrotestosterone.
    3. Stress psikis berlebih.
    4. Kemoterapi.
    5. Efek obat.
    6. Diabetes.
    7. Gangguan tiroid
    8. Anemia berat.
    9. Vitiligo.
    10. Penyakit Autoimun.
    11. Penggunaan produk rambut berlebih.
    12. Trauma pada rambut berlebih seperti penggunaan hair dryer, catok dll.
    13. dll.
    Pengobatan rambut rontok bisa dengan melakukan cara seperti :
    • Lotion minoxidil.
    • Tablet finasteride.
    • Steroid.
    • Transplantasi rambut.
    • Wig.
    Baca topik Rambut rontok. Semoga membantu.   dr. Yusi  

    Boy Aquila  Boy Aquila
    Anggota

    baik dok terimakasih atas jawabannya :) saya mau tanya lagi dok, ayah saya rambutnya tebal dan belum rontok, tp saya sudah mulai rontok saya tergolong msh muda, tetapi kakek saya(dr ayah) dulu rambutnya mengalami kebotakan, apakah gen kakek saya msh menerus ke saya sehingga saya kemungkinan juga mengalami hal yang sama? dan saya mau tanya untuk di indonesia sendiri klinik manakah yang dpt menangani transplantasi rambut dgn teknik (FUE), atau di negara tetangga seperti malaysia, sudah terekomendasikah klinik transplan di sana ? thanks dok.