Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri setiap kali haid

  • Dok saya menikah sudah 1 thn 5 bln tp belum dapat momongan, trs ada orang nyaranin buat minum air rebusan rumput silet dan kapur sirih supaya hilang nyeri haidnya.. apakah aman dok minumnya dan apakah nyeri haid tidak hilang akan sulit punya anak.

    Dear Emma,

    Keluhan yang Anda alami berupa nyeri pada saat menstruasi dalam istilah medis dikenal dengan dismenorea. Dismenorea sendiri didefinisikan sebagai kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau ketika mengalami menstruasi.

    Nyeri pada dismenorea sendiri terkadang bisa cukup parah dan menyebar hingga ke punggung dan paha, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri ini bisa berlangsung selama dua hingga tiga hari.

    Munculnya rasa nyeri sendiri disebabkan oleh kontraksi pada dinding otot rahim sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat dan memicu munculnya rasa nyeri di bagian bawah perut..

    Apabila rasa nyeri tidak hebat, yang bisa Anda lakukan adalah mengompres dengan air hangat pada bagian perut yang myeri dan juga mengkonsumsi pbat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

    Namun apabila nyerinya hebat, maka baiknya lakukan konsultasi terutama dengan dokter kebidanan dan kandungan (SpOG) agar nantinya dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai keluhan Anda.

    Untuk air rebusan yang Anda sebutkan di atas, hingga saat ini belum ada penelitian mengenai manfaatnya sehingga kami tidak bisa menyimpulkan apakah mengkonsumsi air rebusan ini tergolong aman atua tidak.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra