Tanya Dokter

  • Minum cytotec/misoprostol saat hamil

  • Dok nama saya tania , Saya sudah punya anak 2 , dan skrng saya sdng hamil ke 3 krna jebol KB nya.. Jadi krna saya ngak mau nmbah ktrunan saya beli cytotec/misoprostol dan saya minum saat hamil 1 bln .. 3jam kmudian darah nya kluar tpi janin nya ngk kluar ... Skrng usia khamilan sya udah 3 blan , pertayaan saya ... Apakah janin saya ada cacat fisik atau ganguan mental saat lahir nya ... Mohon jawabannya ya dok ..

    Halo Ibu Tania, 

    Menggugurkan kandungan dengan sengaja tanpa indikasi medis merupakan tindakan pidana, sebagaimana yang disebutkan pada pasal 346 KUHP. Selain tindakan kriminal, menggugurkan kandungan sendiri sangat berbahaya karena dapat menyebabkan resiko, baik untuk Anda maupun untuk janin Anda. 

    Misoprostol sebenarnya digunakan untuk pengobatan penyakit lambung, namun karena efek sampingnya adalah kontraksi rahim obat ini sering disalahgunakan untuk menggugurkan kandungan. Padahal menggugurkan kandungan dengan misoprostol belum tentu berhasil dan memerlukan dosis tertentu serta pengawasan dokter. Jika terjadi masalah, misalnya keguguran tidak sempurna atau abortus inkomplit, atau rahim tidak kontraksi dengan baik, bisa terjadi perdarahan yang membahayakan nyawa. 

    Saat ini sulit mengetahui bagaimana keadaan janin Ibu tanpa pemeriksaan USG. Adanya kecacatan fisik atau tidak bisa diketahui dengan pemeriksaan USG , untuk lebih jelasnya bisa dengan pemeriksaan USG 4 dimensi pada usia 26-30 minggu. Sebagian kecacatan baru bisa diketahui sejak lahir. Langkah tepat untuk dilakukan adalah memeriksakan kandungan Anda secara rutin, dan mengikuti instruksi dokter kandungan. Jangan lupa berpikiran positif dan tetap berdoa. 

    Topik serupa: Aborsi dengan Misoprostol

    Salam, 

    dr. Mega