Tanya Dokter

  • penyebab sakit tenggorokan dan bengkak di ketiak

  •  lulu
    Anggota
    dok saya kemaren minum obat mastin tapi pas minum sama air putih berasa kecangkol ditenggorokan takutnya kemasan pilnya lengket ditenggorokan saya sudah minum air terus dok tapi berasa masih ada pilnya terus besoknya saya merasakan sakit ditenggorokan sama diketiakku kaya bengkak gitu apa itu akibat bakteri yang masuk ya dok, terus berapa lama pulihnya dok dan diketiaknya apa akan kempes?

    Halo lulu.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa sakit tenggorokan memang sering diakibatkan oleh karena infeksi bakteri ataupun virus pada saluran pernapasan bagian atas. Penyakit ini umumnya menyerang anak kecil, remaja, dan dewasa muda.

    Sakit tenggoran dapat juga disertai dengan gejala - gejala berikut ini : sakit kepala, tonsil atau amandel yang mengalami pembengkakan akibat meradang, nyeri otot, batuk - batuk, hidung yang beringus, iritasi, gatal - gatal di tenggorokan, sakit dan sulitnya menelan.

    Selain gejala di atas, pembengkakan kelenjar getah bening yang terdapat di leher ataupun tenggorokan juga dapat terjadi akibat dari daya tahan tubuh yang sedang melakukan perlawanan terhadap bakteri yang masuk. Jika kondisi tubuh semakin fit / membaik === pembengkakan dengan sendirinya akan mengempis.

    Benjolan pada ketiak juga dapat disebabkan oleh karena : Fibroadenoma === pertumbuhan abnormal jaringan fibrosa, limfoma === kanker sistem getah bening, kista === kantong yang berisi cairan di dalam kulit, iritasi, skin tag, dll.

    Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : Kumur - kumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam === kepala menengadah --- lakukan 3 kali sehari, STOP MEROKOK, hisap permen pelega tenggorokan, minum air putih minimal 2 liter perhari, hindari makan dan minum yang panas, makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, tiidur dan istirahat yang cukup.

    Jika selama kurang lebih sebulan benjolan pada ketiak Anda tidak kunjung mengempis, maka segeralah temui Dokter Spesialis Penyakit Dalam terlebih dahulu agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    SAKIT TENGGOROKAN

    BENJOLAN DI KETIAK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati