Tanya Dokter

  • MINUM OBAT DIABETES,NILAI GP DAN GS HASIL TESTNYA SELALU HAMPIR SAMA

  • sejak tahun 2003 saya sudah kena diabetes,pernah minum resep Dokter tahun 2003: METFORMIN 500(1x sehari) dan HEPAVITE (hasil USG LIVER BERLEMAK),saya minum obat tersebut  1tahun saja (hingga tahun 2004 ).semenjak 2004 hingga February 2015 saya tidak pernah minum obat Diabetes lagi.baru awal Feb 2015 setelah hasil medical gula puasa saya(tanpa minum obat):170,sejak itulah saya kembali minum obat dengan resep Dokter 2015: GALVUSMET 50/500 (1x sehari diminum siang hari) dan GLUCOBAY 50 (2x sehari saat Makan Pagi dan Makan Sore).selain obat saya juga mengkonsumsi suplemen merk Amway: Liver Health,bawang putih, Chromium,Lecitin -E (saya minum 2x sehari) ditambah suplemen merk Stemtech: AFA EXTRACT (3bj :1gr sehari 1x).sudah hampir 2 bulan ini setiap hari saya cek ,GULA PUASA: antara 120-140, GULA SEWAKTU WAKTU SAAT SORE HARI:antara 120-140,dan GULA SEWAKTU WAKTU MENJELANG MAU TIDUR MALAM :antara 120-140, maksud saya kenapa hasilnya antara 120-140 krn hasil tersebut berubah ubah setiap harinya,mungkin tergantung dari kondisi tubuh,aktivitas,dan konsumsi makanan.SEPERTINYA TIDAK ADA PERUBAHAN ANTARA HASIL GULA PUASA dan GULA SESAAT. Kadang pernah gula malam sebelum tidur hasilnya 120,keesokan harinya setelah puasa 8 jam,saya cek hasil GULA PUASA malah naik menjadi 137.

    Pernah HANYA SATU KALI,saya minum obat golongan Sulfanilurea dengan merk GLUCOVANCE 250/125, itupun diminum hanya setengah saja:125/62,5. Hasil Test gula darah setelah 2 jam minum Glucovance: 70,segera saya minum 1 sendok teh GLUCOSA MURNI,lalu 1 jam kemudian saya test hasil test gula darah menjadi 120.

    pernah dalam 5 HARI,mencoba menambahkan 1bj GALVUSMET 50/500 diminum sesaat sebelum tidur malam jam 22.00,itupun tidak membawa perubahan hasil saat pagi hari GULA PUASA  tetap hasilnya :120-140.

    saat ini saya DIET 1900 kalori dan HANYA Mengkonsumsi BUAH: pepaya,apel,buah naga,tomat,dan SAYURAN: bervariasi setiap hari.

    olah raga seminggu 3x: BADMINTON saja

    pertanyaan saya adalah:

    1.bagaimana pendapat Dokter ,tentang obat yang saya minum? Sebaiknya obat Diabetes Golongan mana yang cocok untuk keadaan saya?

    2.mungkinkah bisa kembali NORMAL, semua mekanisme tubuh saya( Pankreas,Liver,Ginjal),hanya dengan DIET 1900 kalori dan berusaha menurunkan berat badan menjadi 75-77 kg.

    pernah pada tahun 2013 berat badan saya turun hingga 78 kg.hasil medical menjadi bagus,utk SGOT dan SGPT menjadi Normal dan hasil test GULA PUASA saat itu tanpa minum obat menjadi 110

    3.perlukah saya mencoba per 3-6 bulan sekali obat Diabetes dari Golongan berbeda? Sampai tercapai hasil NILAI GP dan GS menjadi Normal.saat ini saya ada rencana mau mengganti dengan merk Xigduo XR 5/500,bagaimana menurut Dokter?

    4.bagaimana dengan suplemen tertulis diatas,apakah memang perlu di konsumsi,mengingat ada efek sampingnya bagi Ginjal,Empedu dan Liver karena minum suplemen tsb. Bagaimana menurut Dokter?

    terimakasih atas bantuan dan pelayanan Dokter,saya berharap dengan pengalaman Dokter dari banyak Pasien,bisa membantu masalah saya.

     

    Hai angga

    1. Jika memang tidak timbul efek samping dan gula darah dapat terkontrol kemungkinan pengobatannya sudah cocok. Sebaiknya jangan hanya berpatokan dari gula darah sewaktu dan puasa, untuk memantau keberhasilan pengobatan, yang lebih akurat adalah dengan pemeriksaan HbA1c. Prinsip pengobatan diabetes adalah
      • Tentukan diabetes melitus tipe apa, tipe 1,2 atau gestational.
      • perbaikan pola makan seperti makan rendah manis, diit seimbang seperti tinggi serat,buah-buahan
      • perbaikan pola hidup seperti olahraga teratur 3x seminggu
      • penurunan berat badan jika berlebih,dll.
      • Jika gula darah tetap tinggi dengan perbaikan pola makan dan pola hidup maka diperlukan tambahan obat minum. Biasanya dimulai dengan 1 golongan terlebih dahulu misal golongan biguanide (metformin) dengan dimulai dosis rendah, jika tidak ada perbaikan kadar gula darah, dosis ditingkatkan dan bila perlu dikombinasikan dengan obat DM golongan lain seperti sulfonilurea, acarbose, dll. Namun untuk diabetes melitus tipe 1 diperlukan pengobatan dengan suntik insulin, tidak dengan obat-obatan minum.
    2. Pola hidup baik pasti akan berespon baik terhadap organ-organ tubuh. Jika belum ada gangguan fungsi yang bermakna biasanya bisa dapat kembali normal dengan perbaikan memperbaiki pola hidup dan berat badan ideal dengan body mass index (BMI).
    3. Sebaiknya obat tidak perlu gonta-ganti terus menerus apalagi tanpa pengawasan dan indikasi dari dokter.
    4. Obat-obatan seperti herbal/suplemen biasanya kurang memiliki penelitian secara empiris apakah benar bermanfaat atau tidak, dan juga efek samping yang ditimbulkan masih belum jelas.
      Mengenai diabetes melitus (DM), anda bisa membacanya pada ulasan dari alodokter.com dibawah ini Diabetes melitus tipe 1 Diabetes melitus tipe 2 Semoga membantu ya, sehat selalu. Terima kasih. dr.Yan william