Tanya Dokter

  • Apakah obat kolesterol boleh diminum saat hamil?

  •  felivia
    Anggota

    siang dok,

    dok, mau tanya saya memiliki kolesterol yg sangat tinggi 600, selama 3 minggu dokter memberi resep lipitor & fenofibrate kolesterol saya turun menjadi 235. setelah itu tanpa resep dokter saya beli obat utk penurun kolesterol simvastatin, pada saat masa subur saya minum simvastatin & keesokan harinya saya mengeluarkan cairan encer berwarna putih susu & berbau :( kemudian saya berhenti minum obat tersebut, yg saya takutkan bila saya hamil apakah dgn meminum obat tersebut akan berdampak buruk pada janin ;'(  & apa yg harus saya lakukan spya tdk terjadi hal2 yg tidak diinginkan..

    mohon dibantu & atas jawabannya saya ucapkan byk terima kasih

    Halo, Sebaiknya Anda memastikan dulu apakah Anda hamil atau tidak dengan test kehamilan dan kontrol ke dokter kandungan. Jika terjadi kehamilan, dokter akan mempertimbangkan tindakan apa yang lebih tepat dalam mengontrol kadar trigliserid dan kolesterol Anda. Obat-obat kolesterol golongan statin seperti simvastatin termasuk dalam kategori X terhadap kehamilan yang artinya tidak boleh diberikan (merupakan kontraindikasi) karena efeknya yang buruk terhadap janin dan risiko ini jauh melebihi manfaatnya. Sejauh ini saya belum membaca referensi kalau simvastatin dapat menyebabkan keputihan. Obat trigliserida yaitu fenofibrate termasuk dalam kategori C terhadap kehamilan, yaitu dalam studi terhadap hewan obat ini dapat memberikan efek yang buruk seperti cacat pada janin, dan belum ada studi terhadap wanita, jadi obat ini dapat dikonsumsi jika efeknya melebihi risikonya. Anda dapat mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida dengan perubahan gaya hidup misalnya:

    • Membatasi konsumsi nasi, tepung, bihun, mie, roti (trigliserida tinggi)
    • Membatasi konsumsi sea food, daging merah
    • Konsumsi makanan penurun kolesterol
    • Memperbanyak konsumsi serat seperti sayur dan buah-buahan
    • Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda boleh konsumsi omega 3, karena tidak semua orang dapat konsumsi dengan bebas bergantung pada keadaan Anda
    Anda dapat membaca artikel berikut ini: Kolesterol tinggi Trigliserida Semoga berguna, dr.Miranti Iskandar  

    felivia  felivia
    Anggota

    Sangat membantu.. Terima kasie dokter, atas jawabannya.. :)