Tanya Dokter

  • Efek minum obat TBC berlebihan

  •  David S
    Anggota

    Selamat malam dok, Saya seorang penderita TBC paru, saya sudah minum obat TBC 11 hari. Dari dokter memberikan obat yang diminum 4 tablet setiap hari. Namun pada hari ke 9 minum obat, saya meminum obatnya 8 tablet sekaligus, karena saya lupa akan minum obat atau tidak, padahal saya harusnya minum 4 tablet. Apakah hal itu bisa mempengaruhi dan memperburuk keadaan TBC saya dok? Terimakasih dokter

    David S  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo David, Tuberkulosis / TB adalah penyakit paru yang disebabkan karena infeksi bakteri. TB ditangani dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan selama minimal 6 bulan. Penggunaan OAT harus sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Tidak boleh terlewat dan tidak boleh didobel. Apabila Anda tidak sengaja minum dosis dobel, jika hanya sekali saja kemungkinan tidak menimbulkan masalah serius sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun perlu diingat bahwa OAT yang diberikan dokter biasanya sudah dihitung jumlahnya misalnya untuk 1 bulan. Sehingga jika Anda pernah minum dosis dobel, tentunya Anda harus kembali ke dokter lebih awal dari jadwal sebelum obat Anda habis. Untuk selanjutnya Anda bisa membuat ceklis minum obat sehingga Anda bisa mencatat apakah Anda sudah minum obat atau belum berikut waktu Anda meminum obat agar kedepannya tidak terulang konsumsi dosis dobel seperti kemarin. Jika terlalu sering mengkonsumsi dosis dobel bisa menimbulkan efek samping yang lebih berat seperti gangguan ginjal, gangguan hati, gangguan telinga, dll. Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Tuberkulosis / TB Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y