Tanya Dokter

  • Nyeri perut setiap menstruasi

  •  Lasmayulianty
    Anggota
    Halo dok, saya mau tanya dong, saya tiap mens itu selalu sakit perut banget sampe ga bisa ngapangapain kecuali minum obat. Jadi saya tiap bulan minum obat 1-2 tablet feminax. Itu aman ga ya dok? Trimakasih swbelumnya

    Lasma yang baik,

    mengonsumsi obat nyeri tentu memiliki indikasi tersendiri. Feminax yang merupakan salah satu merk dagang dari obat nyeri haid terdiri atas obat paracetamol dan ekstrak hyosiami yang berfungsi mengurangi kontraksi. Obat ini sebetulnya aman untuk dikonsumsi umum. Namun pola pikir yang harus dibentuk bukanlah apakah obat ini aman diminum terus-menerus, melainkan, apa yang menyebabkan kondisi nyeri ini sampai seseorang harus terus menerus mengonsumsi obat antinyeri ini. Nyeri haid atau dismenore sebetulnya terbagi dua, yakni dismenore primer sebagaimana nyeri oleh karena kontraksi rahim saat haidyang bisa ditahan oleh wanita, atau dismenore sekunder, dimana nyeri haid disebabkan oleh adanya kelainan tertentu seperti :

    • endometriosis atau adanya jaringan rahim diluar struktur rahim
    • fibroid atau tumot jinak pada rahim
    • penyakit radang panggul
    • penyempitan leher rahim

    Nyeri dismenore sekunder umumnya mengganggu dan membutuhkan antinyeri untuk meredakan sakitnya. Oleh karenanya kami sangat merekomendasikan Anda untuk mencari tahu penyebab nyeri haid Anda dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan, ketimbang mengonsumsi terus-menerus obat anti nyeri setiap kali haid. Berikut kami lampirkan artikel mengenai nyeri haid. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief