Tanya Dokter

  • Efek konsumsi postinor sesaat setelah hubungan intim

  •  Intan Lestari
    Anggota
    Malem dok, saya mau tanya... Kan kemaren pagi saya HB n belum sempat KB trus siang saya minum obat postinor 2 langsung saya minum 2tablet dlm waktu yg sama itu bahaya atau gimana y dok??? Bisa beraksi ngk dok obat.e? Tolong jwbn.e dok n minta solusi agar pembuahan tidak jadi buah #terimakasih

    Halo Intan......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, pil postinor merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi darurat. Pil ini biasanya dikonsumsi setelah berhubungan seksual. Kontrasepsi darurat ini bukan merupakan kontrasepsi rutin melainkan hanya dalam kondisi darurat, misal : Terlupa konsumsi pil KB rutin, lupa suntik KB, kondom robek, kesalahan perhitungan masa subur, dan lain sebagainya.

    Pil ini memiliki tingkat keberhasilan mencapai 99 % untuk mencegah kehamilan bila digunakan secara benar, dimana pil dikonsumsi tidak lebih dari 72 jam sejak berhubungan intim dan pil kedua dikonsumsi 12 jam setelah pil pertama. Semakin cepat mengonsumsi pil, maka efektivitasnya akan semakin tinggi. Oleh karena itu, peminuman pil postinor Anda sudah tepat untuk mencegah kehamilan.

    Akan tetapi kami tetap menyarankan apabila menstruasi siklus berikutnya tidak kunjung datang, atau mengalami keterlambatan menstruasi, maka kami menyarankan segeralah melakukan tes kehamilan atau yang orang awam menyebut sebagai testpack, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati