Tanya Dokter

  • Minyak ikan untuk anak 7 tahun

  •  Zuly-zulvin
    Anggota
    dokter,, saya mau tanya anak saya usia 7tahun,selama ini belum pernah saya beri minyak ikan apapun karena ketidaktahuan saya,, sekarang perkembangan otaknya menurut saya kurang cerdas,,bagaimana cara menunjang daya fikir otaknya agar lebih baik dan masih efektif kah bila anak saya aku beri minyak ikan prolacta for baby,thanks

    Hallo Ibu Zuly

    Kecerdasaan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, memang asupan gizi yang baik akan mendukung pertumbuhan otak sehingga diharapkan mampu menerima informasi lebih baik dan mampu mengingatnya serta berpikir dengan baik. Namun faktor asupan gizi bukanlah satu-satunya yang menentukan kecerdasan seseorang. Selain faktor gizi kecerdasan dipengaruhi oleh bakat yang diturunkan (genetika), faktor kesehatan (tidak sering sakit), dan aktivitas fisik (olahraga)

    Cerdas sendiri definisinya luas sekali, sering kali pemahaman kita terlalu fokus akan nilai-nilai akademis di sekolah, sehingga jika nilainya jelek kita men-cap bahwa anak tersebut tidak cerdas, padahal kecerdasan setiap orang berbeda-beda.

    Ada orang yang cerdas dalam bidang akademis seperti menghafal, namun ada juga yang cerdas untuk berpikir kritis, cerdas untuk dalam aktifitas fisik sehinggatangkas dan cekatan dalam melakukan berbagai olahraga, cerdas dalam komunikasi dan hubungan sosial, dan cerdas dalam dalam mengelola emosi (tidak mudah marah, penyabar, namun tahu kapan harus berkata tidak atau memprotes sesuatu, bedakan dengan orang yang selalu meng-iyakan apapun).

    Setiap anak tentunya memiliki talenta dan bakat masing-masing, jadi jangan lantas marah atau kecewa jika hasil nilai anak kurang pada suatu bidang tertentu, namun motivasikan anak Anda untuk berusaha lebih giat lagi dalam mencoba mempelajari hal tersebut. Memaksa anak justru akan membuat dirinya tidak menyukai suatu bidang tersebut sehingga akhirnya justru tidak baik.

    Pemberian minyak ikan sendiri boleh saja diberikan, asalkan tidak diberikan secara berlebihan, kemudian sebaiknya berikan minyak ikan untuk anak usia yang lebih besar, jangan produk minyak ikan untuk bayi.

    Selain asupan gizi yang baik, kecerdasan dipengaruhi oleh peran dan kasih sayang keluarga dalam mendidiknya, jika orang tua hanya sibuk bekerja dan jarang menemani anak dalam belajar tentunya anak menjadi malas belajar, sediakan waktu untuk membantu anak dalam mengerjakan tugas-tugasnya dan membantunya untuk memahami topik-topik yang kurang dipahaminya. Kemudian selalu puji anak Anda dalam proses belajarnya, jangan lantas marah/kecewa jika anak Anda gagal mendapatkan nilai bagus, namun hargai proses dan usahanya untuk mencoba hal tersebut. Kemudian berikan penghargaan jika anak Anda berhasil mencapai sesuatu.

    Artikel terkait untuk disimak


    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold