Tanya Dokter

  • Kenapa miom bisa tiba-tiba tumbuh?

  • Malam dok , saya mau tanya . Sekitar 7 bulan yg lalu saya USG Transvaginal tidak ada miom dan sel telur saya sebelah kiri yg besar2 tp hari ini saya USG Transvaginal ada miom sebesar 1cm kata dokter sih tidak apa2 saya masih bisa hamil dan sel telur saya yg kiri tidak kelihatan tp yg kanan besar2. Apakah ukuran sel telur kanan dan kiri tiap bulan berubah ubah ????..... trus kenapa 7 bulan yg lalu tidak ada miom tp sekarang kok bisa tumbuh miom yq dok ?? Sy minum obat2 penyubur herbal selama 4 bulan apakah itu yg menimbulkan miom??

    Halo, Pembesaran pada kandung telur (ovarium) dapat terjadi karena

    Kista ovarium adalah suatu kantung yang muncul pada ovarium dan berisi cairan. Salah satu jenis kista ovarium adalah kista ovarium fungsional. Kista ini berbentuk seperti kantung yang terbentuk di ovarium wanita saat terjadi ovulasi, biasanya kantung ini bisa mengecil ketika telur keluar. Jika telur tidak dilepas atau kantungnya tertutup, maka kantung tersebut dapat terisi cairan dan menjadi kista. Kista jenis ini bisa mengecil dan tidak menimbulkan gejala. Mungkin saja ini yang terjadi pada Anda, lalu sekarang terbentuk kista baru di ovarium kanan.  Tentu saja hal ini sebaiknya dipastikan kepada dokter kandungan Anda. Miom adalah pertumbuhan sel di dalam atau di sekitar rahim (uterus) yang tidak bersifat kanker atau ganas. Ukurannya bisa bervariasi dari sangat kecil hingga besar. Hingga saat ini penyebab pasti miom belum ditemukan. Tetapi banyak penelitian yang menghubungkan terjadinya miom dengan kadar estrogen yang tinggi dalam tubuh. Bila obat penyubur yang Anda minum memacu tingginya kadar estrogen dalam tubuh, ada kemungkinan itu menjadi salah satu penyebab. Faktor resiko lain adalah karena keturunan, menstruasi dini, banyak konsumsi daging merah daripada sayuran, dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Semoga membantu, terimakasih  

    Dina Meka Sari  Dina Meka Sari
    Anggota

    Saya tidak mengkonsumsi alkohol dan kata dokter kandungan saya kandungan saya bersih dr kista cuma ada miom 1 cm . Tapi apakah mungkin sel telur kanan dan kiri bisa berubah rubah besarnya tiap bulan ????