Tanya Dokter

  • Apakah miom berbahaya?

  •  EnnyS
    Anggota
    Slmt mlm Dok,,sy Enny usia 37th,belum pernah hamil,ada miom dg ukuran 2 cm,sering terasa nyeri di bagian perut sebelah kanan sampai ke panggul apalagi saat haid hari 1,,apakah ini berbahaya?mohon penjelasan dan saran dari Dokter. Terima kasih...

    Halo Enny.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, Miom merupakan pertumbuhan sel Tumor di dalam atau di sekitar rahim yang tidak bersifat kanker. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara tidak normal. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk Tumor jinak.

    Berikut ini beberapa gejala yang umumnya muncul jika seseorang terkena miom, yaitu : masa menstruasi menyakitkan atau berlebihan, rasa sakit atau nyeri pada perut atau punggung bawah, rasa tidak nyaman atau bahkan sakit saat berhubungan seksual, sering buang air kecil, dan lain sebagainya.

    Ukuran miom sangatlah bervariasi, ada yang sekecil biji dan ada juga yang berukuran besar hingga mengakibatkan rahim membesar. Dalam satu periode, miom yang muncul mungkin hanya satu, namun dapat juga muncul beberapa secara sekaligus.

    Sebenarnya Miom yang tidak memunculkan gejala tertentu, biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Umumnya setelah masa menopause, minimal akan menyusut atau bahkan menghilang tanpa menjalani pengobatan.

    Akan tetapi apabila miom sudah menimbulkan gejala seperti rasa sakit yang tidak tertahankan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka pengobatan perlu dilakukan seperti penggunaan obat - obatan atau pelaksanaan prosedur operasi.

    Kami menyarankan, segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan kembali, dan mendiskusikan hal ini, agar Anda dapat dilakukan pemeriksaan kembali, Sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr,jati