Tanya Dokter

  • Miom membesar

  •  lily.aja
    Anggota

    Slmt sore dok... Saya IRT dgn 3 org anak, dan usia yg bungsu skrg 7thn. Sy sdh steril saat melahirkan anak bungsu. 2 thn terakhir sy merasakan nyeri yg luar biasa dikedua lutut saya hingga pinggul, setiap kali sy haid. Sktr bln September thn 2014 sy USG, dgn hasil ada miom ukuran 2,5cm di belakang kandungan sy. Dokter tdk memberikan obat krn mmg tdk ada obatnya. Lalu kemarin sy melakukan USG dan hasilnya miom sy sdh membesar dgn ukuran 7cm. Yg ingin sy tanyakan, normalkah pertumbuhan miom sy? Apakah ada kemungkinan miom itu berkembang menjadi tumor...? Trma ksh sblmnya dok..

    Selamat malam, Mioma merupakan tumor jinak yang berasal dari otot polos rahim yang tumbuh abnormal dan tidak bersifat kanker atau ganas. Beberapa mioma tidak menimbulkan gejala sehingga banyak wanita yang tidak mengetahui dirinya menderita mioma. Namun gejala yang umumnya ditemui antara lain :

    • Menstruasi yang banyak dan lama
    • Gangguan BAK dan BAB akibat penekanan pada organ sekitar tumor seperti kandung kemih, ureter, rektum
    • Rasa sakit/tidak nyaman pada perut, punggung bagian bawah dan juga kaki
    • Sakit saat berhubungan seksual
    • Dapat mengganggu kehamilan, Menyebabkan kesulitan memiliki anak (infertilitas) (sangat jarang terjadi)
    Hingga kini penyebab munculnya mioma belum diketahui pasti namun diduga karena adanya rangsangan hormon estrogen, umumnya mioma terjadi pada wanita berusia diatas 35 tahun dan akan menyusut setelah mengalami menopause karena kadar hormon estrogen yang menurun. Penanganan pada mioma :
    • Jika kecil, tidak membesar dan tidak menimbulkan gejala biasanya hanya dilakukan pemeriksaan rutin setiap 3-6 bulan sekali. Biasanya tanpa pengobatan mioma akan menyusut saat menopause.
    • Jika tumor semakin membesar dan menimbulkan gejala maka diperlukan tindakan pembedahan berupa histerektomi (mengankat rahim) kalau sudah tidak memiliki rencana hamil lagi atau miomektomi (mengangkat mioma saja) jika masih ada rencana hamil. Tetapi pada kondisi dimana massa tumor terlalu besar umumnya tetap dilakukan histerektomi.
    Karena mioma bukan merupakan suatu pertumbuhan sel yang normal maka tentunya mioma yang semakin besar memerlukan penanganan khusus, sebaiknya Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter yang sudah mengetahui perjalanan penyakit Anda sehingga mendapatkan penanganan dengan tepat sesuai penyebab yang mendasarinya. Baca artikel berikut : mioma Semoga membantu, dr. Rievia   <p style="margin: 0.5em 0px; line-height: 22.4px; color: #252525; font-family: sans-serif; font-size: 14px;"></p>