Tanya Dokter

  • perbedaan minus mata kanan dan kiri

  • Dok, adik saya mengalami masalh pada penglihatannya. Setelah dicek di salah satu klinik ternyata dia mengalami miopia dengan min 11d di mata kanan dan min 4d di mata kiri. Pertanyaan saya yang pertama apa iya perbedaan minnya sejauh itu?

    Kemudian karena khawatir saya search di google saya menemukan artikel katanya kalau sudah min 11 itu sudah tergoling miopia berat dan tidak lagi bisa melihat objek kecuali objek tersebut dekat dengan mata. Tapi pada kasus adik saya dia masih mampu menghitung jari saya dengan mata kanan dari jarak sekutar 2 sampai 3 meter. Dia memang tidak bisa menghitung bebek di depan rumah yang jaraknya sekitar 5 meter dengan mata kanannya. Adik saya sekarang masih kelas 1 smp bu dokter, apa masih ada cara supaya munnya tidak bertambah parah? Terima kasih sebelumnya dokter.

    Halo,   Perbedaan kadar dioptri miopia kanan dan kiri bisa saja berbeda jauh (> 3 D) seperti yang adik Anda alami. Namun perbedaan kadar dioptri terlalu jauh ini merupakan pertanda bahwa ada permasalahan medis serius dibelakangnya yang perlu diperiksakan secara seksama. Memang betul bahwa kadar dioptri > 6 sudah termasuk golongan tinggi dan tidak bisa melihat 1 objek dengan jelas dari jarak yang normal. Pengetesan tes jari yang Anda lakukan tidak bisa menjadi 1 patokan akurat mengenai kondisi mata adik Anda. Maka itu periksakan adik Anda ke dokter mata sesegera mungkin untuk mengetahui penyebab perbedaan dioptri terlalu jauh antara kedua mata tersebut. Dokter mata akan melakukan pemeriksaan menyeluruh seperti tonometri, refraktometri, funduskopi dll untuk meperjelas kondisi adik Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka dokter bisa memberikan penanganan maksimal untuk mengatasi perbedaan dioptri tersebut. Rabun jauh bisa diobati dengan melakukan :

    1. Penggunaan kaca mata = pada kasus ringan.
    2. Penggunaan softlens
    3. Operasi LASIK = pada kasus miopia berat.
    4. Operasi LASEK
    5. Penggantian lensa
    Untuk tambahan bantuan agar mencegah miopia semakin buruk maka Anda bisa menyarankan adik Anda untuk :
    1. makan buah dan sayuran yang memngandung vitamin A seperti wortel, tomat, berry, apel dll.
    2. Istirahatkan mata Anda
    3. Hindari menonton Tv terlalu lama, bermain hp/ tablet terlalu lama dll
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Faisal Sitompul  Faisal Sitompul
    Anggota

    Terima kasih infonya dok, kalau boleh saya mau tanya satu hal lagi. Kami kan kepuarga kurang mampu dok, jadi saya mau tanya berapa kira kira biaya untuk pemeriksaan mata di rumah sakit dan apakah bisa pemegang jps seperti kami kartu jps (kartu miskin) tersebut berlaku ? Maaf kalau terlalu banyak pertanyaan saya dok.