Tanya Dokter

  • Cara mengembalikan kekencangan vagina

  •  Omangg
    Anggota
    Alodokter mau tanya nih,,sklian minta saran juga,,saya baru nikah 3 th yg lalu,,blom punya anak sihh tpi karna sering brhbungn intim jadi miss v saya longgar banget,,suami sering ngeluh klo pas brhbungn rasa'a hambar,,gmna yaa cara'a biar miss v saya bisa keset lagi,,biar pun enggk sprti dulu waktu perawan yg pnting miss v saya bisa bikin suami enggk ngeluh lagi,,takut ntar suami jajan d luar😩 dok

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

     

     

    Sebelumnya perlu diketahui, otot-otot di daerah vagina bersifat sangat elastis. Otot dapat beradaptasi menjadi lebih 'lemas' dan menghasilkan cairan pelumas (cairan lubrikan) ketika terjadi wanita terangsang secara seksual. Saat wanita merasa terangsang dan cairan lubrikasinya keluar, maka proses penetrasi (masuknya penis ke vagina) menjadi lebih mudah dan dirasakan sebagai sensasi vagina sudah tidak rapat. Hal ini merupakan padangan yang sangat keliru. Sensasi longgar atau tidaknya ini sangat subjektif tergantung perasaan dan penilaian dari pasangan suami yang merasakan. Tidak ada pedoman ukuran pasti dari vagina dalam kepuasan bercinta. 

     

    Pada keadaan lain otot vagina juga bisa berkontraksi kuat, atau dalam bahasa medisnya disebut vaginismus ketika wanita tidak merasa relaks atau terpaksa saat akan berhubungan seksual.  

    Bahkan setelah melalu proses persalinan secara normal melalui vagina, elastisitas otot vagina pun dapat kembali seperti semula walaupun kemungkinana tidak maksimal seperti sebelum melahirkan. 

     

    Untuk membantu menjaga kerapatan dengan cara meningkatkan kontraksi otot vagina, seorang wanita dapat rutin melakukan SENAM KEGEL. 

     

    Berikut artikel terkait  Ukuran vagina dan kepuasan bercinta. 

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia