Tanya Dokter

  • Putih-putih pada vagina bagian dalam

  • Saya lola umur 25th bru menikah bln april 2017 saya mau tanya kenapa ya dok di miss v (dibagian dalam) terdpr putih2 sperti luka sariawan. karna saya dgn suami sy menunda untk memiliki momongan jdi tiap kali kmi berhubungan intin suami sya selalu menggunakan jari terlebih dahulu dan mengeluarkan sperma di luar. Apa menggunakan jari masuk ke dlm miss v berpengaruh ya dok? Mohon bantuan jawabannya dok. Terimakasih

    Hai,

    Mungkin yang Anda maksud keputihan?

    Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk membersihkan dirinya sendiri; melalui peningkatan produksi lendir vagina, diharapkan sel-sel mati, kuman dan berbagai kotoran lainnya bisa tersapu keluar. Produksi lendir vagina ini sebagian dipengaruhi oleh kondisi hormon tubuh, karena itu menjelang haid, saat hamil atau sebagai efek samping KB, keputihan secara normal bisa terjadi.

    Kadang keputihan bisa terinfeksi, dan menyebabkan gejala keputihan gatal, panas/perih/nyeri, berbau, berwarna, amat banyak atau bercampur darah. Keputihan demikian bisa disebabkan oleh infeksi jamur, kuman, penyakit menular seksual dan bahkan penyakit kanker (biasanya jenis keputihan yang bercampur darah atau berbau busuk). Kebiasaan hubungan badan tertentu tampaknya tidak berkaitan dengan keputihan, kecuali jika partner memiliki kebiasaan berhubungan dengan banyak lawan jenis (mungkin menandakan infeksi menular seksual).

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan apusan lendir vagina dan spekulum untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda sebaiknya menghindari memakai celana dalam / bawahan yang terlalu ketat. Jaga kebersihan organ intim dengan menjaganya agar tetap kering, misalnya dengan sering mengganti pakaian dalam / pembalut.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma