Tanya Dokter

  • Miss V selalu mengeluarkan cairan

  • Hallo Dokter. Saya mau tanya nih dok,. Kenapa yaa ' Miss V ' saya selalu mengeluarkan cairan Encer, Bening & Tidak berbau? Setiap Intim dg suami, saya selalu cepat membersihkannya. ( Ejakulasi di dalam/diluar ) Cairan ini datang, Ketika saya selesai Menstruasi,. Cairan ini juga cukup lama hilangnya dok.. Bisa 3minggu.. Yang bikin saya nggak betah, CD saya selalu basah oleh cairan ini.. Apakah krn pembersih organ intim yang tidak cocok, atau ada penyebab lain?

    Mohon solusinya .. Terimakasih Dokter :)

    Halo,   Cairan encer, bening dan tidak berbau mungkina adalah cairan vagina yang normal memang ada pada setiap wanita. Kadang cairan ini bisa menjadi sedikit kental saat menjelang masa subur dan menstruasi. Namun biasanya menjadi encer saat terangsang secara seksual. Produksi yang berlebihan cairan vagina mungkin disebabkan karena adanya infeksi atau penyakit lain seperti :

    1. Infeksi menular seksual = gonore, chlamidia, trikomonas, dll.
    2. Vaginosis bakterial
    3. Penggunaan sabun pembersih kewanitaan yang berlebihan
    4. Stress psikis, kecemasan , kelelahan dll.
    5. Kondisi lembab akibat penggunaan celana dalam berbahan nylon dan ketat.
    6. dll.
    Untuk mengetahui penyebabnya maka Anda perlu melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis secara langsung ke dokter kandungan dan kebidanan (SpOG). Dengan melakukan pemeriksaan dan tes medis seperti tes cairan vagina, USG dll maka penyebab keluhan Anda bisa diketahui. Dengan mengetahui penyebabnya maka Anda bisa diberikan pengobatan yang sesuai. Untuk mengurangi keluhan Anda, Anda dapat melakukan beberap hal dibawah ini yaitu :
    1. Melap kering organ intim setiap habis BAB/BAK.
    2. Membersihkan organ intim secara seksama.
    3. Gunakan celana dalm bahan katun dan tidak ketat.
    4. Bijaksana dalam menggunakan sabun pembersih kewanitaan.
    5. Kelola stress Anda.
    Baca topik Cairan vagina. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.