Tanya Dokter

  • miss V terasa gatal dan menstruasi tidak lancar

  • dok , miss v aku dinding dindingnya ada putih putih nempel , kebanyakan di garuk ahirnya lecet bikin perih tambah gatel , mungkin itu ya yang bikin gatel , obatnya pake apa ya , dan satu lagi , mens aku tidak teratur , udah 2 bulan tidak dapat mens , aku pake pil kb , supaya lancar mens juga pake apa ya !? terimaksih

    Hai, Vagina merupakann suatu organ berbentuk seperti 'liang' yang dimiliki oleh wanita. Untuk melihat ke dalam dinding vagina umumnya diperlukan adanya pemeriksaan dengan menggunakan spekulum oleh dokter umum / dokter kebidanan dan kandungan (obgyn). Oleh karena itu, mungkin yang Anda maksud adalah bagian bibir dari kemaluan atau yang di dunia medis dikenal dengan istilah labia dan sekitarnya. Gatal dan ruam pada kulit di sekitar kemaluan seperti yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang berbeda, diataranya :

    1. infeksi jamur - seperti candida dan tinea
    2. infeksi parasit - seperti pedikulosis. skabies
    3. dermatitis seboroik
    4. psoriasis
    5. dan lainnya
    Untuk menentukan apa yang menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami sebaiknya anda menemui dokter umum / dokter spesialis kulit dan kelamin secara langsung. Dokter butuh untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan melakukan beberapa pemeriksaan lain yang dibutuhkan seperti analisis sampel dari lesi kulit. Pengobatan yang diberikan untuk mengatasi keluhan tersebut akan berbeda tergantung dengan apa yang menjadi penyebabnya. Pil KB memiliki kandungan berupa hormon wanita yang salah satu fungsinya adalah untuk meregulasi siklus menstruasi. Jadi salah satu efek samping yang dapat terjadi dengan mengkonsumsi pil KB adalah perubahan dalam siklus menstruasi, seperti :
    • perdarahan diluar waktu menstruasi
    • memanjangnya siklus menstruasi (jarak antara menstruasi menjadi lama)
    Selain akibat efek samping dari pil KB, tidak menstruasi dapat disebabkan oleh kehamilan. Oleh karena itu jika keluhan sudah dirasa menganggu sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti tes kehamilan maupun USG.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.