Tanya Dokter

  • Mitos dan fakta mengenai kacamata anti radiasi

  • Selamat malam, dok. Saya mau tanya nih, kan saya akhir akhir ini sering ikut try out online yang menggunakan komputer nah kalo kelamaam mata saya mudah lelah dok. Kata teman saya, menyarankan saya untuk pake kacamata anti radiasi. Apa benar kacamata anti radiasi bisa menghindari radiasi yang ditimbulkan komputer dok ? Tapi saya baru saja baca di salah satu artikel, kalo kacamata anti radiasi tidak begitu berpengaruh akan hal itu. Jadi yang benar tentang kacamata radiasi apa saja ya dok? Dan juga saya mau bertanya bagaimana supaya mata saya nggak cepet lelah waktu menghadapi layar komputer apalagi minggu depan saya simulasi UNBK dok. Terima kasih

    Halo Icha, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Mata lelah adalah kondisi dimana mata menjadi nyeri, pedih atau gatal setelah lama melakukan aktivtas dengan menggunakan mata. Tidak hanya keluhan pada mata, orang mata lelah juga dapat merasakan nyeri kepala, nyeri leher, pundak dan punggung atas. Beberap aktivitas yang dapat menyebabkan mata lelah adalah sebagai berikut: 

    1. Menggunakan komputer atau gadget terlalu lama dengan jarak terlalu dekat dan pencahayaan yang terlalu terang
    2. Terlalu lama membaca terutama dengan pencahayaan yang kurang
    3. Menyetir terlalu lama
    4. Mleihat terus menerus di dalam ruangan dengan cahaya yang minimal.

    Mata lelah dapat dicegah dan dikurangi dengan beberapa tips di bawah ini:

    1. Melakukan 20'-20"-20'. Maksud dari semboayan ini adalah jika memandangan ke layar atau monitor komputer selama 20 menit istirahatkan mata selama 20 detik dengan berjalan atau memandangi objek lain selanjutnya diteruskan untuk 20 menit berikutnya. 
    2. Memijat daerah pelipis dan sekitar mata
    3. Mencuci muka atau mengompres bagian mata dengan air hangat sebelum melanjutkan melihat monitor kembali
    4. Atur layar dari mata 50-60 cm
    5. Tingkatkan resolusi cahaya komputer disertai dengan peredupan cahaya ruangan. 
    6. Juka terasa mata kering dapat mengedipkan mata beberapa saat dan jika masih terasa kering dapat meneteskan dengan tetesan air mata buatan. Tetesan ini dapat diperolah di apotik tertentu.
    7. Mencukupi dengan minum air secukupnya
    8. Istirahat tidur yang cukup.

    Kacamata antiradiasi yang Anda maksud memang tidak memberi manfaat yang begitu bermakna. Karena pada umumnya monitor dan gadget saat ini sudah dilengkapi dengan anti radiasi dan memang tetap perlu mengistrihatkan mata. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi