Tanya Dokter

  • Mengatasi menstruasi tak kunjung henti

  • Assalamualaikum dok... Sya mau bertanya ttg masalah menstruasi yg tak kunjung henti. Sudah 5 minggu mnstruasi sya gak brenti2. Siklus nya gini dok, biasanya sya haid jatuh pd tgl 20 an.. tp pd bln itu haid mundur jd tgl 28. Slama 3 minggu lebih 2 hari haid nya keluar gak bancar atau keluar sedikit2.. trus menginjak 4 minggu haid keluar bancar seperti haid biasa yg sya alami. Berjalan 5 minggu haid agak kembali sperti awal yaitu gk bancar. Tp skrg uda mampet dok. Tp anehnya kyak keluar keputihan tp warnanya pink dan baunya gak sedap dok. Itu gimana dok? Mohon pencerahanx dok.. trima kasih ☺

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Siklus menstruasi merupakan siklus alami wanita. Menstruasi sendiri merupakan peristiwa luruhnya dinding dalam rahim yang kaya pembuluh darah, sehingga menimbulkan perdarahan per vaginam. Periode dan durasi setiap siklus bisa berbeda antar tiap wanita. Rata-rata menstruasi datang setiap 28 hari dan berlangsung selama 2-7 hari. Menstruasi kadang datang lebih lambat atau lebih cepat, dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikis secara umum.

    Dari peristiwa yang Anda paparkan, siklus menstruasi tampaknya tidak teratur dan berlangsung lebih lama dari biasanya. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidak seimbangan hormonal, nutrisi, kelelahan, stress, obesitas, gangguan hormon tiroid, penyakit kronis, pengaruh obat atau metode KB, adanya penyakit pada sistem reproduksi contohnya sindrom polikistik ovarium atau keganasan/kanker.

    Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan secara langsung. Keputihan yang berbau bisa merupakan tanda infeksi. Adapun pemeriksaan penunjang yang mungkin akan diperlukan misalnya tes darah, USG, pap smear, ataupun pemeriksaan lain sesuai indikasi.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda:

    • https://www.alodokter.com/menstruasi
    • https://www.alodokter.com/ternyata-ini-penyebab-menstruasi-tidak-lancar

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.