Tanya Dokter

  • sakit perut dan tulang belakang

  • Selamat sore, dok. Mama saya akhir-akhir ini sering mengeluh sakit pada bagian perut (dekat dada) dan tulang belakang. kira-kira ini karna apa y dok? Obat yg pas buat mama saya apa y? Apakah dengan minum obat Meloxicam saja bisa, dok? Apa ada obat lain yg dapat menghilangkan rasa sakitnya?

    lalu saya sendiri dok. terkadang saya merasa sakit di kepala. Digerakan sedikit kepala terasa sakit, hanya bisa dibawa tidur. Terkadang jika otak saya terlalu diforsir untuk berpikir atau bekerja rasa sakit itu muncul. dan sakit kepala ini sangat jarang saya rasakan. Tapi sakit kepala ini bukan pusing ataupun migran. Saya mulai merasakan sakit ini dr SD sekitar kelas 6. Sebelumnya saya juga pernah terpeleset dan kepala saya terbentur oleh lantai. Apakah sakit kepala saya ini mungkin efek dr kecelakaan ketika saya kecil, dok?

    Sebagai informasi tambahan untuk saya. Jika untuk penderita parkinson, apakah ada obat yang dapat menyembuhkanya? Atau obat yg dapat membantu penderita parkinson agar dapat beraktifitas normal?

    Terima kasih.

    Hai, Nyeri perut dekat dada pada orang tua perlu selalu dicurigai sebagai serangan jantung, meskipun memang tidak semua nyeri perut dekat dada berarti serangan jantung. Penyebab lainnya bisa saja sakit maag, batu empedu dan sebagainya. Namun tak ada salahnya untuk sekadar mengunjungi Dokter guna diperiksa kondisi jantung berikut faktor risikonya (mis. darah tinggi, diabetes, kolesterol, dsb.)  guna menyingkirkan kemungkinan penyakit mematikan ini. Mengenai sakit kepala, jarang sekali suatu kejadian jatuh / benturan kepala yang ringan sampai menyebabkan sakit kepala yang dirasakan berpuluh-puluh tahun lamanya. Benturan kepala dikatakan ringan apabila pasca benturan tidak terjadi muntah, hilang kesadaran, hilang ingatan atau kondisi lain yang memerlukan perawatan rumah sakit. Jadi, mungkin sakit kepala tersebut diakibatkan oleh:

    • Sakit kepala tegang
    • Gejala pra-infeksi -- yaitu sekumpulan gejala sebelum gejala infeksi muncul, misalnya demam ringan, badan lemas, pegal-pegal dan sakit kepala
    • Mata lelah
    • Migrain (sudahkah Anda mendapat diagnosa Dokter?)
    • Tumor otak
    • dan sebagainya
    Anda sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter / Spesialis Saraf (Sp. S). Mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan seperti CT-Scan / MRI kepala jika dicurigai masalahnya bersumber dari otak. Penyakit parkinson merupakan penyakit degeneratif (akibat penuaan, bedakan dengan parkinsonisme, yaitu sekumpulan gejala yang mirip penyakit parkinson namun diakibatkan hal lain selain penuaan). Penyakit parkinson / parkinsonisme diakibatkan oleh kekurangan dopamin (sejenis zat kimia otak) karena kerusakan / degenerasi (penuaan) salah satu struktur otak. Akibatnya, para penderita parkinson mengalami gejala berupa tremor, muka seperti topeng dan gerakan tubuh yang tidak luwes/gesit. Sampai saat ini, usaha penyembuhan mungkin bisa dicapai melalui operasi otak dengan menanamkan sejenis chip ke struktur dalam otak. Namun, kebanyakan penderita parkinson dapat terkontrol kondisinya dengan minum obat. Konsultasikanlah dengan Dokter Saraf untuk menegakkan diagnosa Parkinson dan mendapat pengobatan yang sesuai. Sekian semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma