Tanya Dokter

  • Kemungkinan hamil saat hubungan intim sebelum masa menstruasi

  • Sore Dok saya mau bertanya jika melakukan hubungan intim terus pasangan saya terakhir kali mengeluarkan sedikit sperma seperti tetesan air apakah kemungkinan saya bisa hamil dok? Dan saya melakukannya sebelum haid dok apakah itu termasuk dalam masa subur? Jika saya haid pada tgl yang biasa saya haid apakah di katakan hamil / tidak dok Terima kasih dok

    Halo Natasya nasution, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kehamilan akan terjadi bila sperma seorang laki-laki bertemu dengan sel telur (ovum) seorang wanita di dalam proses yang disebut dengan pembuahan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses pertemuan sperma dan ovum ini, antara lain:

    1. Hubungan seksual yang dilakukan saat masa subur. Seorang wanita hanya akan melepaskan sel telur dari kandung telur (ovarium) dalam proses yang disebut dengan ovulasi pada saat masa subur. Sel telur ini hanya akan bertahan hidup untuk dapat dibuahi selama 12-24 jam, setelahnya sel telur akan berubah bentuknya dan pembuahan tidak dapat terjadi lagi. Ovulasi pada seorang wanita biasanya terjadi 2 minggu sebelum perkiraan tanggal menstruasi berikutnya. Misalnya perkiraan tanggal menstruasi di bulan desember adalah tanggal 15 Desember, maka kemungkinan ovulasi akan terjadi tanggal 1 Desember. Namun waktu ovulasi seorang wanita ini seringkali sulit untuk ditentukan dikarenakan siklus menstruasi yang tidak selalu sama jaraknya, sehingga digunakan rentang masa subur untuk memperkiraan waktu ovulasi. Rentang masa subur seorang wanita biasanya berkisar antara 3 hari sebelum perkiraan tanggal ovulasi hingga 3 hari setelah perkiraan tanggal ovulasi.
    2. Sperma dapat hidup dan bertahan dalam tubuh wanita selama 3 hingga 4 hari. Bila hubungan seksual dilakukan 3 hingga 4 hari sebelum terjadinya ovulasi dan ovulasi terjadi saat sperma masih hidup di dalam rahim seorang wanita, pembuahan dan kehamilan dapat terjadi. Di luar waktu ini, kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil.
    3. Normalnya, pembuahan sel telur oleh sperma terjadi di dalam organ yang disebut sebagai tuba fallopi, yaitu organ yang menghubungkan rahim dengan ovarium. Bila sperma dikeluarkan di luar tubuh wanita, sperma tidak akan mencapai organ ini dan pembuahan dan kehamilan kemungkinan besar tidak akan terjadi. 

     

    Untuk menjawab pertanyaan anda:

    Pasangan saya terakhir kali mengeluarkan sedikit sperma seperti tetesan air apakah kemungkinan saya bisa hamil dok? 

    Tergantung apakah sperma dikeluarkan di luar atau di dalam vagina. Bila di luar vagina, kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil.

    Dan saya melakukannya sebelum haid dok apakah itu termasuk dalam masa subur? 

    Untuk dapat menghitung perkiraan masa subur perlu diketahui terlebih dahulu jarak antara siklus menstruasi 3 bulan terakhir, serta tanggal menstruasi terakhir. Melakukan hubungan seksual sebelum haid juga perlu diketahui berapa hari sebelum haid? Bila 2 minggu sebelum perkiraan waktu haid berikutnya, maka dapat terjadi kehamilan, bila 1 hari sebelum perkiraan waktu haid berikutnya, kemungkian terjadinya kehamilan sangat kecil.

    Jika saya haid pada tgl yang biasa saya haid apakah di katakan hamil / tidak dok?

    Bila anda mengalami haid setelah tanggal anda melakukan hubungan seksual, maka dapat dipastikan bahwa anda tidak hamil. Namun perlu diketahui apakah haid yang anda alami normal seperti biasa, atau perdarahan yang terjadi lebih sedikit dan jumlah hari haid lebih sedikit. Bila perdarahan yang terjadi lebih sedikit dan jumlah hari haid lebih sedikit, masih terdapat kemungkinan perdarahan tersebut adalah perdarahan implantasi (perdarahan yang terjadi karena janin menempel pada rahim).

     

    Untuk memastikan terjadinya kehamilan anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack. 

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia