Tanya Dokter

  • Hasil pemeriksaan darah

  • Malam dok, saya mau tanya beberapa bulan lalu saya periksa darah rutin ke salah satu laboratorium klinik dengan alat automatic (hematolizer) dan didapat hasil tidak normal pada hb, ht serta eritrosit darah saya. Hb: 10.7 ; Ht: 33.2 ; dan eritrosit : 3.60

    dimana , nilai rujukan dr klinik tsb sbb:

    Hb: 11.5- 16.5

    Ht: 36-46

    eritrosit: 4.0-5.2

    Sementara nilai MCV, MCH, MCHC,RDW, Leukosit (eosinofil,basofil,netrofil batang&segmen, limfosit, monosit) , trombosit, LED smuanya “normal”

    apakah ada indikasi anemia? Kira-kira jenis anemia apa dok yang saya alami?
    Saya memang mudah lelah dan sering pusing. Terkadang saya juga mengalami nyeri pada bagian dada walaupun hanya sebentar.
    Apa yang harus saya lakukan dok? apa perlu saya cek ulang minta pemeriksaan manual saja?
    Mohon bantuannya dok

    Halo Marlita, Kami akan menjawab satu persatu pertanyaan Anda. 1. Apakah terindikasi anemia, dan anemia apa? ya, Anda mengalami anemia. Hb dan eritrosit yang rendah merupakan tanda adanya anemia. Tetapi, kita tidak bisa menentukan jenis anemia hanya dengan pemeriksaan Hb dan eritrosit saja. Ada pemeriksaan darah lain yang diperlukan untuk mengetahui jenis anemia Anda. Berkonsultasilah dengan dokter jika anda memerlukan pemeriksaan tertentu. 2. Apa yang perlu dilakukan dengan keluhan diatas? Anemia umumnya akan menyebabkan gejala: lemah, mudah lelah, sering pusing, sesak, kesemutan, berdebar debar. Yang perlu dilakukan:

    • Perbaiki jenis makanan anda sehari hari. Makanlah makanan yang mengandung tinggi zat besi, asam folat, dan vitamin B12, seperti:  kacang kacangan, tahu tempe, sayuran berdaun hijau, semua makanan laut, daging merah tanpa lemak, hati ayam dan sapi, produk susu, sereal, beras cokelat.
    • minum vitamin penambah darah yang dijual di apotik
    • Cacing tambang dapat menyebabkan anemia juga, karena itu pastikan Anda menjaga kebersihan, dan minum obat cacing teratur.
    • menstruasi yang deras dan lama juga dapat menyebabkan anemia
    • Cek ulang hasil Hb/Ht/eritrosit, konsultasikan dengan dokter jika masih ditemui permasalahan
    Demikian, Salam