Tanya Dokter

  • Penyebab sering bingung, mudah lupa dan mual

  •  rezkihendro
    Anggota

    Halo dok, nama saya Rezki. Saya mempunyai permasalahan seperti sering kebingungan (linglung), mudah lupa, dan saya juga merasa fungsi berfikir saya sangat menurut dari sebelumnya terlebih saya baru berumur 23 tahun dan saya merasa itu tidak wajar. Terlepas dari masalah kognitif saya juga sering kali merasa mual, saya berpikir mungkin karena saya perokok, namun disaat saya tidak merokok pun saya masih merasakannya. Selain itu akhir-akhir ini saya menyadari bahwa saya terkadang suka kehilangan keseimbangan tubuh dan juga merasa kesemutan pada bagian muka atau kaki.

    Hingga saat ini saya belum bisa meluangkan waktu untuk melakukan Chek-Up ke RS, oleh karena itu saya harap dokter dapat memberitahu apa yang sebenarnya salah dalam tubuh saya.

    Terima kasih banyak.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Mungkin segala hal yang anda alami ini merupakan suatu kondisi yang dikenal dengan psikosomatis. Psikosomatis merupakan suatu keadaan dimana pikiran (psikis) mempengaruhi kondisi tubuh (soma) sehingga muncul penyakit atau memperparah kondisi sakit yang sudah terjadi. Biasanya kondisi ini menyertai keadaan stress atau rasa cemas.

    Namun kita tidak boleh melupakan faktor organik yang sekiranya dapat menimbulkan gejala pada tubuh kita. Untuk fungsi kognitif sebenarnya akan terus berkurang seiring dengan pertambahan usia, namun kita dapat berusaha untuk memperlambatnya. Misalnya dengan melakukan senam otak seperti mengisi teka-teki silang atau banyak membaca buku dapat meningkatkan fungsi kognitif. Kemudian konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B1 dan B12 juga bagus untuk memperlambat penurunan fungsi kognitif. Untuk suplemen yang mengandung ginkgo biloba , hingga saat ini belum ada penelitian yang mendukung bahwa konsumsi suplemen tersebut dapat membantu meningkatkan daya kerja otak.

    Rasa kesemutan dan kehilangan keseimbangan bisa akibat dari kurang lancarnya aliran darah atau adanya masalah pada persarafan (neuropati) yang biasanya terjadi akibat tingginya kadar gula darah. 

    Beberapa hal dapat menyebabkan timbulnya rasa mual seperti:

    1. Stress
    2. Penyakit asam lambung
    3. Gastroenteritis
    4. Vertigo

    Diagnosa hanya dapat dilakukan dengan cara anamnesis terarah dan pemeriksaan fisik secara langsung. Jadi sebaiknya untuk dapat segera mengetahui kemungkinan penyebab dari keluhan Anda, berkonsultasilah secara langsung pada dokter. Bila memang dirasa perlu, dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, CT-scan. dan serangkaian pemeriksaan saraf guna menunjang analisa kemungkinan penyebab yang paling mendekati. Dan mungkin bila perlu, dokter akan memberikan rujukan kepada dokter spesialis saraf untuk lebih memastikan kembali diagnosa Anda dan memberikan terapi yang sesuai.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    dr. Winda Indriati