Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika berhubungan intim saat menstruasi hari ke tiga

  •  nanda244
    Anggota
    pagi dok, tgl 5 saya berhubungan badan dalam keadaan saya sedang haid yg ke3 hari. suami saya juga mengatakan bahwa dia telah mengeluarkan spermanya didalam vagina saya. lalu keesokan harinya badan saya terasa lemas sampai 3 hari berturut2 dan merasakan pusing saat bangun tidur, mual seketika tetapi tidak ingin muntah. saya sempet menemukan darah segar dipertengahan haid saya setlah berhubungan beberapa hari yg lalu. perut saya juga pernah merasakan nyeri dan kadang berbunyi seperti lapar apakah pertanda kehamilan dok ?? terimakasih.
    nanda244  nanda244
    Anggota
    dan apakah sudah bisa melakukan test pack dok ?

    Hai Nanda244,

    Hubungan intim yang dilakukan pada saat menstruasi umumnya memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terjadinya kehamilan. Namun peluang untuk hamil tetap ada, terutama bila siklus menstruasi Anda pendek atau tidak teratur.

    Pada saat seorang wanita mengalami kehamilan memang dapat timbul gejala tertentu seperti mual dan muntah, payudara sensitif, timbul perdarahan implantasi, kram perut, pusing, mudah lelah dan sebagainya. Namun perlu dipahami bahwa semua gejala tersebut bukanlah merupakan tanda pasti kehamilan. Artinya gejala yang timbul dapat saja disebabkan oleh kondisi medis yang lain di luar kehamilan, seperti gangguan lambung, masalah pencernaan, kelelahan, kurang istirahat, dan sebagainya.

    Oleh karena itu ada/tidaknya kehamilan tidak dapat ditentukan semata-mata hanya berdasarkan gejala yang timbul. Untuk mendeteksi dan memastikan adanya kehamilan tentunya diperlukan pemeriksaan medis, yaitu dengan tes darah, tes urine, dan USG.

    Bila Anda mencurigai adanya kehamilan maka sebagai deteksi awal dapat dilakukan tes kehamilan dengan testpack. Pemeriksaan testpack sebaiknya dilakukan setelah terjadi keterlambatan menstruasi (sudah dapat dites sejak hari pertama terlambat menstruasi). Gunakan urine pertama pada pagi hari dan pastikan tes dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan petunjuk pemakaian. Jika hasilnya negatif maka tes dapat kembali diulang 1 minggu kemudian. Selain itu dapat dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter untuk memastikan ada/tidaknya kehamilan.

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Tanda-tanda kehamilan

    Kapan waktu yang tepat untuk menjalani tes kehamilan?

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman