Tanya Dokter

  • Mohon info gejala dan mengatasi menggigil

  •  Ivan Lau
    Anggota

    Dok, saya mw nanya... Saya kemaren malam jam 8 menggigil, Setelah itu jam 9 mlm demam, panas badan menaik...

    Saat saya hendak bangkit dari kamar tidur saya sempoyongan dok, kepala pusing,perut mual, badan pegal-pegal. Itu penyebab penyakit apa ya dok? Umtuk sementara ini saya minum obat sanmol. Mohon penjelasan dan saranya ya dok. Trims.

    Hai, Menggigil merupakan usaha tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh melalui gerakan-gerakan otot yang tak-disengaja. Penyebab terseringnya adalah infeksi, yaitu ketika racun yang dihasilkan bakteri / efek perlawanan tubuh kita meningkatkan "setelan suhu tubuh" (mirip seperti kerja remote AC) ke suhu yang lebih tinggi. Hal ini membuat tubuh kita mengira kalau tubuh sedang "kedinginan", sehingga tubuh pun menggigil sebagai usaha "menghangatkan" hingga setelan suhu tubuh yang telah ditinggikan tersebut. Gejala demam menggigil, kepala pusing, perut mual dan pegal-pegal seringkali menyertai berbagai penyakit, terutama infeksi, meskipun keadaan lain seperti proses auto-imun (yaitu sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang diri kita sendiri), efek samping pengobatan, atau bahkan keganasan juga dapat menyebabkannya. Gejala-gejala ini biasanya muncul terlebih dahulu, sebelum gejala lain yang lebih khas terhadap salah satu penyakit muncul. Adapun kemungkinan penyakit infeksi yang bisa terjadi disertai dengan gejala yang Anda alami, antara lain:

    Oleh karena banyaknya kemungkinan penyakit yang Anda derita, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan dapat meliputi dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, pemeriksaan foto Roentgen dada dan pemeriksaan lainnya yang dianggap perlu. Untuk sementara waktu, Anda dapat mengurangi gejala yang Anda rasakan dengan tips-tips berikut:
    • Minum obat pereda panas dan nyeri, misalnya parasetamol
    • Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau setiap kali Anda haus
    • Perbanyak asupan sayur dan buah-buahan
    • Cukup istirahat, cuti bila perlu
    • Makan dalam porsi yang sedikit, tapi sering agar Anda tidak terlalu merasa mual dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Anda supaya tidak lemas
    • Mencatat suhu tubuh Anda dengan termometer secara berkala, misalnya pagi, siang dan malam. Catatan ini akan sangat berguna bagi Dokter yang memeriksa Anda nantinya.
    • Kompres dengan air hangat pada dahi dan lipatan-lipatan tubuh. Kompres dingin akan mengecilkan pembuluh darah kulit, sehingga darah yang membawa panas tubuh justru tak bisa membuang panasnya sehingga demam tetap tinggi.
    Sekian, semoga berguna. dr. Radius Kusuma