Tanya Dokter

  • haid lebih dari 2 minggu dan keluar darah setelah berhubungan intim

  • Assalamualaikum,, maaf saya mau tanya dok, saya mengalami ke anehan pda saat mensturasi sdah lebih dari 2mnggu haid tpi msih keluar darah, trus kalo sudah berhubungan sama suami pasti keluar darah,, kalo ga darah yg keluar lendir berwarna coklat,, menurut dokter apa saya positif terkena kanker serviks.

    Hai, Pemastian diagnosa kanker serviks tidak bisa ditegakkan hanya berdasar gejala semata. Dibutuhkan pemeriksaan yang dapat diandalkan seperti pap smear , USG, CT SCAN untuk penegakkan diagnosa kanker serviks. Jika Anda mengalami perdarahan diluar masa menstruasi Anda , hal ini bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan hormonal.
    2. Penggunaan KB.
    3. Polip rahim.
    4. Penggunaan obat obatan.
    5. Gangguan pembekuan darah.
    6. Luka pada dinding vagina dan atau rahim.
    7. Penyakit radang panggul.
    8. dan lainnya.
    Gejala yang mungkin muncul pada kanker serviks adalah :
    1. Perdarahan abnormal di luar masa menstruasi seperti : flek, perdarahan setelah coitus, perdarahan diantara masa menstruasi dan perdarahan setelah masa menopause.
    2. Cairan yang keluar tanpa henti dengan bau yang tidak enak atau mengandung darah dan berwarna kecoklatan.
    3. Nyeri setelah berhubungan.
    http://www.alodokter.com/kanker-serviks/ Segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan yang menyeluruh, dokter akan memeriksa dengan lebih seksama kondisi Anda dan melakukan pemeriksaan lain yang dibutuhkan untuk penegakkan diagnosa yang mendasari gejala yang Anda alami. Pemeriksaan yang mungkin dilakukan adalah pemeriksaan fisik organ panggul, Pap Smear, USG, Kolposkopi, biopsi jaringan dan CT Scan jika perlu.   Semoga bermanfaat.   Salam,   dr. Yusi    

    Apa mungkin dari pengaruh kb ya dok kebetulan saya pake kb pasang iud,, apa munggkin ga cocok kb dok

    Apa mungkin dari pengaruh kb ya dok kebetulan saya pake kb pasang iud,, apa munggkin ga cocok kb dok

    Hai, Penggunaan KB bisa menjadi faktor yang mendasari keluhan Anda. Namun disarankan pemeriksaan yang lebih jauh untuk menegakkan penyebab yang mendasari keluhan Anda. Pada dasarnya penggunaan KB IUD bisa menimbulkan efek seperti : 1. Perdarahan menstruasi yang lebih banyak dan lebih lama. 2. Nyeri saat menstruasi yang lebih dibanding biasanya. 3. Keputihan. 4. Rasa tidak nyaman saat berhubungan sex. 5. Dan lainnya Namun keluhan dialami biasanya hanya pada beberapa bulan pertama pemasangan IUD. Dan pada beberapa kasus akan kembali normal. Hal ini menyebabkan pemasangan IUD sebaiknya selalu diperiksakan ke dokter spesialis kandungan minimal setahun sekali untuk memastikan posisi IUD dalam posisi yang benar. Sebagai wanita kita juga bisa memeriksa sendiri dengan cara meraba benang IUD melalui vagina pada beberapa bulan pertama pemasangan. Jika Anda tidak bisa melakukan pemeriksaan sendiri atau keluhan Anda tidak membaik, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter, dokter biasa akan melakukan pemeriksaan per vaginam dan USG jika perlu untuk pemastian posisi IUD Anda. Semoga membantu. Salam, Dr. Yusi