Tanya Dokter

  • Menyusui dan asam urat tinggi

  •  agus01
    Anggota

    Dokter Yth,

    Istri saya sedang menyusui dan asam urat nya tinggi,

    sudah diperiksa ke dokter dan dikasih obat tapi hampir dua bulan lututnya belum bisa di tekuk dan buat jalan masih belum lancar

    apakah lutut yang sakit dan kaku akibat dari asam urat?

    mohon obat yang aman untuk ibu menyusui, atau obat oles untuk menghilangkan kaku dan nyeri lutut

     

    Terima Kasih

     

     

    Hallo Pak Agus, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Sebelumnya yang ingin saya tanyakan, berapakah nilai kadar asam urat yang istri anda miliki berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter tersebut ? Obat apakah yang istri anda konsumsi ? apakah terdapat riwayat trauma pada istri anda ? berapakah berat badan istri anda ?

    Pada dasarnya nyeri dan kaku pada lutut tidak hanya disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Kondisi ini dapat juga terjadi pada beberapa kondisi seperti :

    Diperlukan penggalian yang lebih mendalam lagi mengenai keluhan dan riwayat kesehatan yang dialami oleh istri anda. Selain itu diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah ulang, pemeriksaan foto rontgen lutut, ct scan atau bahkan MRI untuk dapat menegakkan diagnosis pasti keluhan yang istri anda alami. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan kembali kondisi kesehatan istri anda ke dokter atau dokter spesialis orthopaedi agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut mengingat keluhan yang dialami istri anda pun sudah berlangsung cukup lama. Selain itu, pemberian obat bagi ibu menyusui pun tidak dapat sembarangan diberikan. Mungkin yang dapat dilakukan sementara ini adalah dengan mengoleskan cream yang mengandung pereda nyeri yang dapat dibeli bebas diapotik tanpa resep dokter.

    Semoga informasi ini bermanfaat
    - dr. Lia N. Amalina