Tanya Dokter

  • Demam hingga kelura bintik-bintik merah pada kulit dan mual

  • alo dok. Saya sudah sakit demam selama 7 hari. Panas nya gak pernah turun. Turun kalo saya minum obat dari dokter. Saya sudah priksa ke 3 kali ini, sayang nya saat pemiksaan berlangsung kondisi suhu badan saya sedikit membaik. Tidak hanya demam, sakit kepala , mual bahkan sampai muntah terus. Lalu pada hari ke6 tepat pada malam hari nya keluar bintik merah di sekitar tubuh saya. Saya sudah cek darah nilai trombosit saya 151. Hemoglobin 12,8. Saya sering menggigil kalau malam padahal badan saya masih panas. Nilai MCH pada erotosit saya 27,4. Nilai basofil saya 0,4 dan eosinofil saya 1,1. Yang lainya masih normal. Bagaimana tanggapan dokter mengenai demam saya serta sakit kepala saya yang seminggu sudah tidak kunjung membaik ???

    Hai, Demam yang disertai dengan mual-muntah dan keluarnya bintik-bintik merah pada kulit kemungkinan merupakan suatu infeksi virus, misalnya demam berdarah dengue (DBD), campak, rubella/campak Jerman, cacar air dan sebagainya. Masing-masing akan memberikan ciri yang berbeda, misalnya pada DBD bintik yang timbul berupa petechiae, yaitu bintik yang tidak menimbul dan tidak hilang dengan peregangan kulit. Pada rubella bintik tidak menimbul namun hilang dengan peregangan kulit, pada campak bintik sedikit menimbul, pada cacar air bintik merah melenting berisi air, dan sebagainya. Namun demikian, pada DBD penurunan trombosit umumnya terjadi pada hari ke 4-6. Selain melalui pemeriksaan trombosit, dapat dilakukan tes darah yang lebih spesifik untuk mendeteksi infeksi dengue yaitu dengan pemeriksaan IgG dan IgM anti dengue. Selain itu demam dapat pula diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab lainnya sepert:

    Jika keluhan yang Anda alami terus berlanjut sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang untuk menelusuri lebih jauh penyebabnya, seperti tes darah yang lebih spesifik, tes urine, dan sebagainya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Tidur dan istirahat cukup
    • Makan secara teratur dengan gizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Hindari jenis makanan yang berlemak, pedas dan asam
    • Konsumsi kudapan kering (seperti roti, kue, biskuit) bila terasa mual dan sulit untuk makan
    • Minum air putih minimal 10 gelas sehari untuk membantu menurunkan demam
    • Kompres dengan air hangat akan membantu menurunkan demam
    • Jika sakit kepala terasa mengganggu dapat mengonsumsi obat paracetamol untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam. Namun hindari konsumsi obat yang mengandung ibuprofen atau aspirin karena dapat memicu perdarahan
    Baca laman artikel berikut ini: Penyebab demam dan cara mengatasinya Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman