Tanya Dokter

  • Penanganan mukokel selain operasi

  •  Ninx Rusti
    Anggota

    anak sy blm 1 bln operasi mokukel, tepatnya tgl 21.12.17. sekarang sudah muncul lagi sebesar kedelai, apakah tidak berbahaya. Sudah di periksa ke dokter bedah mulut. Katanya nunggu lebih besar untuk mengambilnya. Mohon penjelasannya. Seandainya tidak dilakukan operasi apakah bs hilang. terima kasih

    Halo Ninx Rusti, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Mukokel adalah kista atau kantong berisi cairan yang terbentuk karena sumbatan pada saluran keluar kelenjar air liur di dalam mulut. Karena saluran keluarnya tersumbat, air liur menjadi terkumpul di dalam kelenjar dan membentuk kantong mukokel. Beberapa penyebab munculnya mukokel antara lain:

    1. kebiasaan menggigit atau mengisap bagian dalam bibir atau pipi
    2. trauma atau cedera pada wajah terutama di bagian bibir
    3. gigi yang tidak rata
    4. tindik di daerah bibir
    5. penggunaan obat-obatan tertentu

     

    Mukokel biasanya tidak berbahaya, dan mukokel yang kecil juga kadang dapat hilang dengan sendirinya. Bila mukokel tidak menghilang sendiri, berukuran besar, atau menyebabkan rasa tidak nyaman di mulut, dapat dilakukan beberapa terapi untuk mengatasi mukokel. beberapa terapi yang dapat dilakukan antara lain operasi pengangkatan kelenjar, terapi laser, penyuntikan steroid, cryotherapy, serta pembuatan saluran keluar kelenjar yang baru. Meskipun telah diterapi, tetap terdapat kemungkinan mukokel dapat muncul kembali. Anda dapat mengkonsultasikan kembali kepada dokter anda untuk terapi terbaik untuk mukokel anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia