Tanya Dokter

  • Apakah seseorang bisa terkena molluscum contagiosum meski tidak pernah melakukan hubungan seksual?

  •  Hermal Malik
    Anggota

    Dok mau tanya, nama sy hermal umur 25 thn. Apakah bisa seseorang terkena molluscum tapi gak pernah berhubungan seksual? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Halo,   Penularan infeksi molluscum tidak hanya didapatkan dari hubungan seksual saja, namun juga bisa dikarenakan menyentuh benda / kulit yang emngandung virus molluscum. Molluscum contagiosum adalah infeksi virus yang disebabkan oleh virus molluscum, menimbulkan gejala mirip dengan kutil berupa benjolan yang lebih tinggi dari kulit sekitarnya dengan adanya bintik kecil yang melekuk ke bagian dalam pada tengah benjolan dan berisi zat padat seperti odol/ pasta berwarna putih. Penyakit ini sangat menular dan bisa diderita siapa saja dari segala lapisan umur. Penularan molluscum bisa disebarkan dengan cara :

    1. Kontak langsung dengan kulit atau benjolan yang mengandung virus molluscum.
    2. Menyentuh benda yang terinfeksi molluscum contoh : karpet, handuk, baju dll. Molluscum merupakan virus yang menyukai tempat yang lembab dan sedikit hangat (daerah tropis) dan bisa bertahan cukup lama di udara.
    3. Kontak seksual.
    Gejala yang dirasakan adalah munculnya benjolan dengan lekukan kedalam pada baguan tengah benjolan yang tersebar merata, kadang benjolan terasa gatal dan jika digaruk akan menyebabkan penularan ke bagian tubuh lain. Penanganan molluscum bisa dengan melakukan beberapa cara yaitu :
    • Obat oles = imiquimod, antivirus, asam retinoat dll.
    • cryoterapi
    • Extraksi
    • Laser
    Baca artikel Molluscum. Hubungi dokter kulit terdekat untuk mendapatkan terapi terbaik bagi Anda. Hindari meminjamkan barang pribadi kepada orang lain, berpantang seks bebas dan gunakan kondom serta membersihkan mainan / karpet seminggu sekali untuk mencegah penularan terhadap virus ini.   Semoga membantu.   dr. Yusi