Tanya Dokter

  • Monopouse, masalah haid dan miom

  •  Nur Mila
    Anggota

    dok mau nanya   saya ibu rumah tangga belum mempunyai keturunan  usia sekarang sdh 39 th dan suami 46 th, sy mengalami haid yang tidak teratur dah hampir 10 bulan ini sy tdk haid apakah ini bertanda sy sdh monopuse, sy jg merasa kekeringan  pada daerah miss v sehingga menyebabkan sakit ketika berhubungan terutama pada saat penetrasi padahal saya merasa foreplay yg kami lakukan sdh cukup. sy pun juga di vonis dokter menderita miom pada rahim sebesar 6 cm dan 2 cm. pertanyaan apakah masalah haid  ini ada kaitannya dengan penyakit miom yg saya derita? mohon pencerahannya dok mengingat betapa kami berharap memiliki keturunan darah daging sendiri di usia kami  yang sekarang ini sebelum dan sesudah nya terima kasih atas penjelasannya yang sangat berharga buat kami..

    Halo, Menopause adalah masa dimana menstruasi tidak terjadi lagi pada wanita. Fase ini terjadi karena perubahan kadar hormon pada wanita. Pada umumnya menopause mulai terjadi pada usia 50 tahun. Pada beberapa wanita menopause terjadi pada usi kurang dari 40 tahun, keadaan ini disebut menopause dini atau menopause prematur. Dari ciri-ciri yang Anda keluhkan bisa jadi yang terjadi adalah sebuah menopause prematur. Menopause prematur terjadi pada 1 dari 100 wanita dan disebabkan karena ovarium berhenti menghasilkan hormon-hormon yang dibutuhkan. Miom adalah pertumbuhan abnormal dari dinding rahim atau otot-otot pada rahim. Hal ini biasanya bukan merupakan sesuatu yang ganas. Biasanya miom jarang menyebabkan berhentinya haid. Gejala yang sering muncul pada miom adalah:

    • jumlah volume menstruasi yang banyak disertai rasa nyeri hebat
    • sering buang air kecil
    • konstipasi
    • nyeri perut
    • sakit saat berhubungan seksual
    Miom jarang menyebabkan gangguan pada kesuburan. Pada kasus yang sangat jarang, tumbuhnya miom dapat mengganggu implantasi telur dan sperma di dinding rahim. Jika memang ini terjadi biasanya dokter akan menyarankan operasi  pengangkatan miom. Untuk konsultasi mengenai kesuburan, ada baiknya Anda mencoba konsultasi ke dokter ahli fetomaternal yang biasanya berpraktek di rumah sakit besar. Untuk artikel mengenai tips merencanakan kehamilan, dapat dibaca di artikel berikut Tips Jitu Cepat Hamil Semoga membantu, terimakasih