Tanya Dokter

  • kepala terasa berat disertai mual

  • siang dok
    saya mau tanya, beberapa hari ini kepala saya terasa sangat berat serta mual 
    2 mggu yang lalu saya sudah oprasi gigi bungsu, tapi karena masih ada gigi yang belum tercabut saya diberi resep 2 jenis antibiotik yaitu amoxilin dan lyncomicin .
    karena tersa sangat berat saya pun menghentikan mnum obat tersebut, setelah 2 hari saya lanjutkan minum obat nya lagi lalu saya merasa pusing dan mual lagi, malah sekarang tambah menjadi mencret dan bab cair .
    saya kira2 kenapa ya dok ?
    makasih .

    Nirmala Irma Dhetiyasari  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Nirmala,

    Keluhan nyeri kepala dapat disebabkan oleh hal berikut :

    • Akibat terlalu lelah, aktifitas fisik berat
    • Stres emosional
    • Efek samping obat
    • Nutrisi yang kurang
    • Sakit kepala primer seperti sakit kepala tegang atau migraine
    • dst

    Keluhan diare, mual dan muntah terkait konsumsi antibiotik dapat disebabkan oleh gangguan keseimbangan bakteri saluran cerna dan efek samping obat, bila demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda agar mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

    Pengunaan antibiotik yang tidak rasional dapat menyebabkan berbagai efek samping sampai dengan yang serius seperti resistensi bakteri. Bila Anda memiliki riwayat alergi atau ketidakcocokan dalam mengkonsumsi obat, sebaiknya Anda mencatat hal tersebut dan menginfokan dokter Anda agar keluhan tidak berulang dikemudian hari.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono