Tanya Dokter

  • mual, sakit perut, dan mencret

  •  vivin vauziah
    Anggota

    Dok, 2 hari ini saya sering mual, mencret dan sakit perut, itu gejala apa ya dok ? Terimakasih sebelum nya.

    Hai, Jika Anda merasa buang air besar (BAB) lebih sering serta disertai dengan konsistensi tinja yang cair, Anda mungkin menderita diare. Diare sebagian besar disebabkan oleh konsumsi dari makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri, virus maupun parasit yang dapat menyebabkan infeksi pada usus. Namun kadangkala diare juga dapat disebabkan oleh hal lain seperti efek samping obat-obatan tertentu dan efek samping konsumsi kafein atau alkohol. Gejala-gejala yang biasa dialami oleh orang yang menderita diare adalah :

    1. Frekuensi BAB sering dan cair
    2. Kram atau nyeri perut
    3. Mual
    4. Muntah
    5. Sakit kepala
    6. dan lainnya
    Namun, untuk memastikan lebih jelas penyebab dari keluhan yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang sesuai, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Terutama jika BAB sangat sering, disertai muntah-muntah, berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu, sehingga dapat memicu timbulnya dehidrasi / kekurangan cairan. Untuk sementara, hal berikut dapat Anda lakukan di rumah untuk mencegah memburuknya diare :
    1. Konsumsi cairan yang banyak
    2. Konsumsi oralit
    3. Makan makanan yang lembut, rendah serat, rendah lemak, dan tidak pedas
    4. Kompres hangat pada perut untuk membantu meredakan kram / nyeri perut
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.  

    Untuk membaca lebih lanjut mengenai diare Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/diare   Salam, Dian Paramitasari, dr.

    vivin vauziah  Siti Saodah
    Anggota

    Dok, kalo bab nya ga sering tp mencret. Kalo di isi makanan muntah, itu gejala diare jg? Atay karena lg batuk jg jd keteken terus muntah? Tp mual dok tindakan apa yg hrs dilakukan, makasih sebelumnya.