Tanya Dokter

  • Mual dan muntah setelah haid yang berlangsung 2 hari

  •  amigdala nisa
    Anggota
    Hallo dok, saya mau bertanya lagi. Berkaitan lagi dengan pertanyaan dan kondisi saya di pertanyaan sebelumnya. Bahwa saya mengalami kemajuan haid 5 hari yang seharusnya tanggal 10 maju menjadi tanggal lima kemarin dan hanya berlangsung dua hari, pada hari pertama hanya keluar sedikit sedikit dan pada hari kedua keluar banyak namun taraf normal (bukan flek) .dan pada hari ketiga tidak keluar sama sekali. Selama proses haid tersebut saya memang telat makan dan merasa mual dan terkadang muntah hanya air saja di sore hingga malam. Apa hal ini bisa dikaitkan dengan gejala kehamilan dok?

    Salam,

    Dari pertanyaan yang Anda sampaikan, dokter Irna telah menjawab di link ini.

    Dengan demikian, bila keluhan ini mengganggu Anda atau siklus haid selanjutnya juga ditemukan keluhan yang tidak nyaman, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan sesuai saran dokter Irna.

    Sedangkan keluhan mual dan muntah, kemungkinan dapat disebabkan oleh perut kosong karena Anda belum makan yang cukup sat masa haid. Kondisi ini dapat memicu keluhan dan gangguan pencernaan. Selama Anda haid, kebutuhan energi Anda akan meningkat, sehingga Anda seharusnya mengimbangi dengan istirahat dan mengkonsumsi makanan sehat. Sehingga kemungkinan bukan merupakan tand akehamilan.

    Bila Anda merasa khawatir resiko kehamilan karena aktivitas seksual Anda, maka sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas seksual dengan pasangan Anda sampai Anda menikah. Hal ini untuk mencegah kecemasan yang Anda rasakan, resiko kehamilan, dan resiko penyakit seksual menular.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan.

    dr. Ulfi