Tanya Dokter

  • Mual setelah operasi usus buntu

  •  alfonsus yoga
    Anggota

    dok jika 7 hari pasca operasi usus buntu merasakan mual dan muntah berwarna hujau...apa itu wajar karna hbs operasi atau karna hal lain? dan bagaimana pencegahan atau asupan apa yang seharusnya dimakan? mohon penjelasannya. terimakasih dok

    Terima kasih Alfonsus Yoga atas pertanyaannya di forum Alodokter, radang usus buntu atau yang dikenal juga sebagai istilah appendisitis merupakan suatu keadaan gawat darurat yang memerlukan suatu tindakan yang segera. Dimana pada keadaan ini biasanya dapat timbul akibat adanya sumbatan pada daerah sekitar usus buntu ini. Pada keadaan ini biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
    - nyeri perut kanan bawah, dan lebih terasa pada saat ditekan
    - nyeri perut yang terasa berpindah dari ulu hati ke bagian kanan bawah
    - perut kembung
    - nafsu makan berkurang
    - mual muntah
    - demam

    Pada keadaan yang demikian biasanya tindakan yang diperlukan berupa tindakan operasi usus buntu atau yang dinamakan appendektomi. Namun pada tindakan operasi ini, selain dapat mengatasi masalah ternyata juga dapat timbul beberapa efek samping berupa:
    - gangguan pergerakan usus (ileus paralitik)
    - kerusakan jaringan usus
    - peritonitis
    - adanya sumbatan pada usus
    - abses

    Pada keadaan Saudara dimana dapat timbul muntah pasca operasi ini, dapat disebabkan oleh beberapa keadaan namun dapat juga dicurigai akibat adanya gangguan pada pergerakan usus. Namun pada keadaan ini, Saudara sebaiknya dapat memastikannya kembali dengan berkonsultasi ke dokter terkait. Mengenai asupan makan, hal ini bergantung pada hasil pemeriksaan nantinya dimana bila terbukti keadaan merupakan kondisi ileus, biasanya akan disarankan untuk dipuasakan sebelum dilakukan tindakan yang lebih lanjut.

    Berikut terdapat artikel seputar ileus paralitik

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra